Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NATO Yakin Ukraina Tidak Akan Mampu Bikin Serangan Balik ke Rusia Tahun Ini

Persenjataan yang diberikan Barat ke Kiev akan memakan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk bisa dikirim sampai ke zona tempur.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in NATO Yakin Ukraina Tidak Akan Mampu Bikin Serangan Balik ke Rusia Tahun Ini
dok. Sputnik
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berbicara pada konferensi pers di Brussel, Belgia. 

TRIBUNNEWS.COM - Negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yakin dukungan yang diberikan NATO kepada Ukraina yang disetujui pada pertemuan puncak KTT NATO di Washington, AS, tidak akan mengizinkan Kiev melancarkan serangan balasan setidaknya hingga akhir tahun ini.

Kabar itu diungkap The New York Times hari Jumat, mengutip para pejabat NATO.

Hari Kamis, 11 Juli 2024 setelah pertemuan puncak KTT  NATO di AS, NATO menerbitkan Deklarasi KTT Washington yang menguraikan paket dukungan senilai $40 miliar untuk Ukraina untuk tahun 2025 saja.




Komitmen lebih lanjut akan dibahas pada pertemuan puncak blok tersebut di Belanda tahun depan.

Para pejabat mengatakan kepada surat kabar itu bahwa hingga tahun depan Kiev tidak akan siap melancarkan serangan balasan atau menduduki wilayah yang luas.

Mereka juga mengatakan bahwa persenjataan yang diberikan Barat ke Kiev diperkirakan akan memakan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk bisa dikirim sampai ke zona tempur.

Sementara itu beberapa senjata yang dijanjikan NATO ke Ukraina belum dibeli atau diproduksi.

BERITA TERKAIT

Paket dukungan tersebut diharapkan memungkinkan Ukraina untuk melawan Rusia pada tahun 2025 sementara Ukraina menerima lebih banyak amunisi dan senjata dari Barat dan memindahkan pasukannya lebih dekat ke garis depan, lapor NYT, mengutip seorang pejabat senior NATO.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada bulan Juni bahwa Rusia akan melakukan gencatan senjata dan memulai pembicaraan dengan Ukraina segera setelah Kiev menarik pasukan dari wilayah yang dikuasai Rusia dan membatalkan rencana untuk bergabung dengan NATO.

Baca juga: Joe Biden Datang Ngaret di KTT NATO Hari Ketiga Bikin Bete PM Italia Georgia Meloni

Pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky menolak usulan tersebut dan menyebutnya sebagai ultimatum.

Negara-negara Barat telah memberikan bantuan militer dan keuangan dalam jumlah besar ke Kiev sejak dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina pada Februari 2022.

Baca juga: Intelijen AS dan Jerman Gagalkan Rencana Rusia Bunuh CEO Perusahaan Pemasok Senjata ke Ukraina

Kremlin secara konsisten memperingatkan agar tidak melanjutkan pengiriman senjata ke Ukraina, dengan mengatakan hal itu akan menyebabkan eskalasi konflik lebih lanjut.

Sumber: Sputnik

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas