Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Netanyahu Menyangkal Israel Sedang dalam Pembicaraan untuk Menarik Diri dari Perbatasan Gaza-Mesir

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyangkal Israel dalam pembicaraan untuk menarik diri dari perbatasan Gaza-Mesir.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Netanyahu Menyangkal Israel Sedang dalam Pembicaraan untuk Menarik Diri dari Perbatasan Gaza-Mesir
Times of Israel
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggelar konferensi pers di kantornya di Yerusalem, 31 Maret 2024. 

Netanyahu Menyangkal Israel Sedang dalam Pembicaraan untuk Menarik Diri dari Perbatasan Gaza-Mesir

TRIBUNNEWS.COM- Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyangkal Israel dalam pembicaraan untuk menarik diri dari perbatasan Gaza-Mesir.

Reuters melaporkan bahwa pemasangan peralatan pengawasan elektronik di koridor Philadelphi dapat memungkinkan pasukan Israel mundur dari perbatasan Gaza-Mesir sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata.

Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyebut laporan Reuters sebagai “berita palsu”.

Laporan itu menyebutkan bahwa Israel sedang mendiskusikan penarikan tentaranya dari perbatasan Gaza-Mesir sebagai bagian dari kemungkinan kesepakatan gencatan senjata, Times of Israel melaporkan pada 12 Juli.

Laporan Reuters pada hari Jumat, yang mengutip dua sumber Mesir dan sumber ketiga yang mengetahui masalah ini, mengatakan bahwa perunding Israel sedang mendiskusikan pemasangan sistem pengawasan elektronik berteknologi tinggi di sisi perbatasan Mesir.

Kemampuan untuk memantau perbatasan akan memungkinkan tentara untuk mundur dari apa yang disebut Koridor Philadelphi, yang merupakan tuntutan utama Hamas dalam perundingan gencatan senjata yang sedang berlangsung.

BERITA REKOMENDASI

“Idenya jelas untuk mendeteksi terowongan, untuk mendeteksi cara lain yang mereka coba untuk menyelundupkan senjata atau orang ke Gaza. Tentu saja, ini akan menjadi elemen penting dalam perjanjian penyanderaan,” kata sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Ketika ditanya apakah hal ini penting bagi kesepakatan gencatan senjata karena berarti tentara Israel tidak harus berada di koridor Philadelphi, sumber tersebut mengatakan: “Benar.”

Dua sumber keamanan Mesir mengatakan perundingan Israel telah berbicara tentang pemasangan sistem pengawasan berteknologi tinggi.

Laporan Reuters muncul satu hari setelah Perdana Menteri Netanyahu mengeluarkan tuntutan baru bahwa pasukan Israel harus tetap mengendalikan perbatasan Gaza berdasarkan perjanjian gencatan senjata apa pun.

Juru bicara Hamas Izzat al-Rishq menyatakan pada hari Jumat bahwa “Upaya panik Netanyahu untuk menambahkan judul dan tuntutan baru, yang tidak termasuk dalam semua proposal sebelumnya yang diedarkan dengan para mediator, menegaskan bahwa dia masih berlarut-larut, menunda-nunda, dan mencari sesuatu. itu akan mengganggu perjanjian.”

Wakil Sekretaris Jenderal Gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ), Mohammed al-Hindi, mengatakan kepada Al Mayadeen bahwa “Prioritas Netanyahu dan pemerintahannya bukanlah memulihkan tahanan Israel, tetapi melanjutkan perang di Jalur Gaza.”

Anggota kabinet Netanyahu, termasuk menteri Itamar Ben Gvir dan Bezalel Smotrich, jelas-jelas menentang perjanjian gencatan senjata.

Kedua pemimpin telah menyatakan bahwa mereka ingin perang terus memberikan Israel kesempatan untuk menghancurkan Gaza, membersihkan secara etnis 2,3 juta penduduk asli, dan menempatkan orang-orang Yahudi di tempat mereka.

“Kita harus mendorong solusi untuk mendorong emigrasi penduduk Gaza,” kata Menteri Keamanan Nasional Ben Gvir pada 1 Januari.

Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, yang juga menjabat di Kementerian Pertahanan, menambahkan bahwa Israel “akan memerintah di sana. Dan untuk memerintah di sana dengan aman dalam jangka waktu yang lama, kita harus memiliki kehadiran warga sipil.”

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas