Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penembakan Trump Dinilai Berdampak ke Secret Service, Popularitas, Hingga Sorotan Soal Keamanan

Pengamat ungkap penembakan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat tengah berkampanye di Pennsylvania berdampak pada tiga hal.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Penembakan Trump Dinilai Berdampak ke Secret Service, Popularitas, Hingga Sorotan Soal Keamanan
AFP/REBECCA DROKE
Kandidat Partai Republik Donald Trump terlihat dengan darah di wajahnya dikelilingi oleh agen dinas rahasia saat ia turun dari panggung pada acara kampanye di Butler Farm Show Inc. di Butler, Pennsylvania, 13 Juli 2024. - Kandidat Partai Republik Donald Trump dievakuasi dari panggung pada rapat umum hari ini setelah terdengar seperti suara tembakan di acara di Pennsylvania, menurut AFP. Mantan presiden AS itu terlihat dengan darah di telinga kanannya ketika dia dikelilingi oleh agen keamanan, yang mendorongnya turun dari panggung saat dia melakukan pukulan pertamanya ke arah kerumunan. Trump dimasukkan ke dalam SUV dan dibawa pergi. (Rebecca DROKE / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Hubungan Internasional Universitas Budi Luhur Andrea Abdul Rahman memandang insiden penembakan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat tengah berkampanye di Pennsylvania pada Sabtu (13/7/2024) berdampak pada setidaknya tiga hal.

Pertama, kata dia, insiden tersebut berdampak pada Secret Service atau Dinas Rahasia AS yang salah satu tanggung jawabnya adalah memastikan keamanan bagi para pemimpin nasional termasuk mantan Presiden AS.




"Jadi, lemahnya keamanan dari Secret Service maupun kepolisian semasa kemarin Trump kampanye bahkan sudah ada saksi mata yang melihat orang yang mencurigakan naik ke atap, tidak diresponse secara sigap oleh pihak-pihak keamanan termasuk Secret Service," kata Andrea saat dihubungi Tribunnews.com pada Senin (15/7/2024).

"Apalagi pasca penembakan Trump harusnya langsung dievacuate atau dilarikan dari area yang berbahaya atau red zone, tetapi masih ada jeda waktu yang cukup panjang. Dan ini adalah sesuatu yang tidak lazim," sambung dia.

Dampak kedua, kata dia, adalah pada naiknua popularitas Trump baik pada kandidat presiden AS separtai maupun kandidat presiden dari partai Demokrat.

Naiknya popularitas Trump, kata dia, karena saat ini Trump menjadi sorotan penting mengingat posisimya sebagai salah satu capres yang berusaha untuk dibunuh oleh pihak-pihak yang tidak menginginkan hadirnya Trump dalam kampanye Pilpres di AS.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, dampak tersebut adalah yang paling signifikan di antara dampak lainnya dari insiden tersebut.

"Yang paling utama sebenarnya dari kemarin saya lihat saya adalah meningkatnya popularitas Donald Trump di poling maupun di internal Republican (Partai Republik) sendiri," kata dia.

Dampak ketiga, kata dia, adalah pada sorotan dunia internasional.

Ia mengatakan saat ini dunia internasional sangat menyoroti terkait insiden tersebut khususnya soal keamanan di AS.

"Bahwa untuk sekelas AS sendiri mantan presidennya masih dalam ancaman bahaya domestic terorism (terorisme domestik). Saya tidak mengambil pusing apa yang terjadi di sana apakah ini adalah domestic violence," kata dia.

"Karena media di sana condong berpihak pada hal-hal yang supremacies (supremasi). Saya tidak tahu apakah white supremacies (supremasi kulit putih) atau black supremacies (supremasi kulit hitam), tetapi intinya ini adalah bentuk dari terorisme sendiri. Karena menargetkan person of interest-nya Donald Trump," kata dia.

Ia memandang insiden tersebut tidak terlalu berdampak pada ketidakpercayaan dunia internasional terhadap pemerintah AS.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas