Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Hanya Donald Trump, Berikut Daftar Pejabat AS yang Pernah Jadi Korban Teror Pembunuhan

Meski Trump dinyatakan selamat, namun insiden ini membuat seorang penonton afiliasi Pittsburgh ABC tewas dan dua lainnya luka parah.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Tak Hanya Donald Trump, Berikut Daftar Pejabat AS yang Pernah Jadi Korban Teror Pembunuhan
AFP/REBECCA DROKE
Kandidat Partai Republik Donald Trump terlihat dengan darah di wajahnya dikelilingi oleh agen dinas rahasia saat ia turun dari panggung pada acara kampanye di Butler Farm Show Inc. di Butler, Pennsylvania, 13 Juli 2024. - Kandidat Partai Republik Donald Trump dievakuasi dari panggung pada rapat umum hari ini setelah terdengar seperti suara tembakan di acara di Pennsylvania, menurut AFP. Mantan presiden AS itu terlihat dengan darah di telinga kanannya ketika dia dikelilingi oleh agen keamanan, yang mendorongnya turun dari panggung saat dia melakukan pukulan pertamanya ke arah kerumunan. Trump dimasukkan ke dalam SUV dan dibawa pergi. (Rebecca DROKE / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump menjadi sorotan usai selamat dari percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh orang tak dikenal saat melakukan kampanye di Butler, Pennsylvania pada akhir pekan lalu.

Aksi penembakan terjadi ketika presiden AS ke-45 ini tengah menggelar kampanye menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan digelar pada 5 November mendatang.

Saat tengah berpidato secara mengejutkan Trump ditembak sehingga telinga dan pipinya berdarah-darah.

Dalam rekaman video yang beredar di sosial media pada tanggal 13 Juli kemarin Donald Trump meringis dan mengangkat tangan kanan ke telinganya, saat sebutir peluru menyerempet telinga.

Baca juga: Sosok 3 Korban Penembakan saat Kampanye Donald Trump: Salah Satunya Relawan Pemadam Kebakaran

Tak lama setelah penembakan terjadi Secret Service menembak mati pelaku penembak jitu yang diidentifikasi sebagai Thomas Matthew Crooks.

Meski Trump dinyatakan selamat, namun insiden ini membuat seorang penonton afiliasi Pittsburgh ABC tewas dan dua lainnya luka parah.

BERITA TERKAIT

Aksi percobaan pembunuhan ini tidak hanya membuat geger warga Amerika, tetapi juga diprediksi memberi dampak terhadap dinamika politik dan persepsi pemilih di Amerika Serikat.

Mengutip dari APNews insiden seperti ini bukan kali pertama yang terjadi di AS, sejak beberapa tahun terakhir sejumlah pejabat pemerintahan AS beberapa kali mendapat serangan mematikan yang mengancam nyawa.

Berikut rangkuman daftar presiden AS dan pejabat politik yang pernah mengalami percobaan pembunuhan :

1. Abraham Lincoln (Presiden AS Ke-16)

Aksi penembakan di kalangan pejabat AS pertama kali dialami oleh Lincoln selaku presiden AS ke-16. Penembakan ini terjadi ketika Lincoln tengah menonton drama teater bersama istrinya di Washington, DC pada tahun 1865.

Namun tiba-tiba John Wilkes Booth menembakan pistol ke arah kepala bagian belakang. Tak jelas alasan apa yang membuat Booth nekat melakukan tindakan kriminal itu.

Namun setelah menembak Lincoln, Booth sempat melarikan diri namun beberapa minggu kemudian ia ditangkap di Virginia.

2. James Garfield (Presiden ke-20 AS)

Garfield, Presiden ke-20 AS yang menjadi korban penembakan Charles Guiteau yang merupakan aktivis penyakit mental.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas