Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Drone dan Rudal Perlawanan Irak Menyerang Israel, IRI Siapkan Serangan Baru Terhadap Pangkalan AS

Perlawanan Irak menghantam sasaran milik Israel dan mempertimbangkan serangan baru terhadap pangkalan AS.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Drone dan Rudal Perlawanan Irak Menyerang Israel, IRI Siapkan Serangan Baru Terhadap Pangkalan AS
X/Telegram/Perlawanan Islam Irak
Perlawanan Islam Irak telah menargetkan pangkalan udara militer Zionis Israel di Umm al-Rashrash (Eilat) di selatan Palestina yang diduduki dengan sebuah pesawat tak berawak, Senin (6/5/2024) pagi waktu setempat. 

Drone dan Rudal Perlawanan Irak Menyerang Israel, IRI Siapkan Serangan Baru Terhadap Pangkalan AS

TRIBUNNEWS.COM- Perlawanan Irak menghantam sasaran milik Israel dan mempertimbangkan serangan baru terhadap pangkalan AS.

Operasi Irak tersebut merupakan respons terhadap pembantaian warga sipil yang dilakukan Israel di Al-Mawasi, Gaza selatan, pada akhir pekan lalu.

Perlawanan Islam di Irak (IRI) mengumumkan pada tanggal 15 Juli bahwa mereka menargetkan pelabuhan Haifa dan kota Eilat dengan drone dan rudal jelajah yang dikembangkan sebagai tanggapan atas pembantaian yang dilakukan oleh pasukan Israel di Al-Mawasi Gaza selatan selama akhir pekan.

“Menanggapi pembantaian yang dilakukan oleh entitas perampas terhadap warga sipil, termasuk anak-anak, wanita, dan orang tua, Perlawanan Islam di Irak menyerang saat fajar hari ini, Senin, 15/7/2024, menggunakan drone dan rudal jelajah yang dikembangkan, Umm Al-Rashrash [menduduki Eilat] dan pelabuhan Haifa yang diduduki,” kata IRI pada hari Senin.

Sebuah sumber mengatakan kepada Al Mayadeen sebelumnya pada tanggal 15 Juli bahwa IRI “telah meningkatkan operasi militernya” setelah pembantaian Al-Mawasi pada hari Sabtu, yang menewaskan sedikitnya 90 warga sipil Palestina dan melukai ratusan lainnya.

Pernyataan tersebut bertepatan dengan laporan harian Lebanon Al-Akhbar, yang mengutip sumber di IRI yang mengatakan bahwa koalisi perlawanan Irak sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan operasinya terhadap pangkalan AS di Irak dan Suriah.

BERITA TERKAIT

Sumber tersebut juga menyebut pembicaraan AS-Irak untuk mengakhiri misi koalisi AS di Irak sebagai “buang-buang waktu.”

“Posisi pemerintah [Irak] bertentangan mengenai penghentian koalisi internasional dan misi pasukan AS di negara tersebut. Kunjungan delegasi tingkat tinggi ke Washington mengenai negosiasi penjadwalan penarikan hanya membuang-buang waktu, karena Amerika Serikat tidak bersedia melakukannya,” kata sumber tersebut kepada Al-Akhbar.

“Perlawanan sedang mempelajari dimulainya kembali operasinya terhadap pangkalan-pangkalan Amerika, yang dihentikan untuk memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk bernegosiasi, namun apa yang terjadi sekarang mencerminkan desakan Washington untuk tetap berada di bawah dalih mengatur hubungan bilateral, termasuk keamanan,” sumber tersebut ditambahkan.

Baghdad dan Washington memperbarui pembicaraan pada bulan Januari yang bertujuan untuk mengakhiri misi koalisi AS di Irak dan mengalihkan peran tempurnya menjadi peran penasehat.

Pada bulan itu, IRI, yang bersatu pada bulan Oktober untuk mendukung Gaza, menghentikan serangan yang telah mereka lakukan terhadap pangkalan AS di negara tersebut sejak dimulainya perang.

Keputusan tersebut merupakan hasil tekanan dari pemerintah Irak dan menyusul terbunuhnya tiga tentara AS di perbatasan Yordania-Suriah dalam serangan pesawat tak berawak perlawanan Irak pada 28 Januari.

Pada saat itu, IRI mengatakan akan menghentikan serangannya agar Baghdad dapat melanjutkan negosiasi dengan AS.

Namun perundingan tersebut – yang dibingkai secara keliru di media sebagai perundingan “penarikan diri” – terus terhenti. Washington mengatakan pada bulan Januari bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk menarik pasukannya dari negara tersebut.

Al Mayadeen melaporkan pekan lalu, mengutip sumber, bahwa AS telah mundur dari keputusannya untuk mengumumkan jangka waktu pengurangan jumlah pasukannya di Irak, seperti yang dibahas dalam pembicaraan antara Baghdad dan Washington.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas