Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada Gangguan Siber Global, Banyak Penerbangan Terhenti, Termasuk Penerbangan Maskapai AS Dibatalkan

Karena ada masalah gangguan siber global menyebabkan banyak penerbangan terhenti dan bisnis terganggu pada Jumat (19/7).

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Ada Gangguan Siber Global, Banyak Penerbangan Terhenti, Termasuk Penerbangan Maskapai AS Dibatalkan
Tayfun Coskun / ANADOLU / Anadolu via AFP
Awak kabin dan penumpang terlihat di konter check-in American Airlines saat penerbangan dibatalkan karena gangguan besar pada sistem TI Microsoft, di Bandara Internasional San Francisco (SFO) di San Francisco, California, Amerika Serikat pada 19 Juli 2024. Bandara, maskapai penerbangan, outlet media, bursa saham, layanan pemesanan dan check-in terdampak oleh guncangan di seluruh benua. Tayfun Coskun / Anadolu 

Ada Gangguan Siber Global, Semua Penerbangan Terhenti, Semua Penerbangan Maskapai AS Dibatalkan

TRIBUNNEWS.COM- Karena ada masalah gangguan siber global menyebabkan banyak penerbangan terhenti dan bisnis terganggu pada Jumat (19/7).

Gangguan teknologi global mengganggu operasi di banyak industri pada hari Jumat, dengan maskapai penerbangan terpaksa menghentikan penerbangan.

Beberapa lembaga penyiaran tidak mengudara dan segala hal mulai dari perbankan hingga perawatan kesehatan terkena masalah sistem.

Maskapai penerbangan Amerika, Maskapai Penerbangan Delta, Maskapai penerbangan United Airlines, dan Allegiant Air membatalkan penerbangan dengan alasan masalah komunikasi.

Perintah itu dikeluarkan tak lama setelah Microsoft mengatakan pihaknya telah menyelesaikan penghentian layanan cloud yang berdampak pada sejumlah operator berbiaya rendah, meskipun belum jelas apakah penghentian tersebut terkait dengan hal tersebut.

"Gangguan perangkat lunak pihak ketiga berdampak pada sistem komputer di seluruh dunia, termasuk di United. Sementara kami berupaya memulihkan sistem tersebut, kami menahan semua pesawat di bandara keberangkatannya," kata United dalam sebuah pernyataan. "Penerbangan yang sudah mengudara akan terus menuju tujuan."

BERITA TERKAIT

Pemerintah Australia mengatakan pemadaman yang dialami oleh media, bank, dan perusahaan telekomunikasi di sana tampaknya terkait dengan masalah di perusahaan keamanan siber global Crowdstrike.

Menurut peringatan yang dikirim oleh Crowdstrike kepada kliennya dan ditinjau oleh Reuters, perangkat lunak “Falcon Sensor” milik perusahaan tersebut menyebabkan Microsoft Windows mogok dan menampilkan layar biru, yang secara informal dikenal sebagai “Blue Screen of Death”.

Peringatan yang dikirim pada pukul 05.30 GMT pada hari Jumat juga menyertakan solusi manual untuk memperbaiki masalah tersebut.

Seorang juru bicara Crowdstrike tidak menanggapi email atau panggilan yang meminta komentar.

Tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa pemadaman itu merupakan insiden keamanan siber, kata kantor Koordinator Keamanan Siber Nasional Australia Michelle McGuinness dalam sebuah posting di X.

Pemadaman listrik berdampak luas.

Industri perjalanan merupakan salah satu yang paling terpukul, dengan bandara-bandara di seluruh dunia, termasuk Tokyo, Amsterdam, Berlin dan beberapa bandara Spanyol, melaporkan masalah dengan sistem mereka dan penundaan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas