Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ali Al-Houthi Kirim Pesan ke Israel: Kapal-Kapal Bisa ke Pelabuhan Eilat Asal Bantuan Masuk ke Gaza

Jika Israel mengizinkan kapal bantuan masuk ke Gaza, kelompok Houthi Yaman akan mengizinkan hal serupa jumlah untuk tiba di pelabuhan Eilat.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Ali Al-Houthi Kirim Pesan ke Israel: Kapal-Kapal Bisa ke Pelabuhan Eilat Asal Bantuan Masuk ke Gaza
via The National
Serangan Houthi terhadap kapal tanker di Laut Merah. Houthi menyatakan akan membuka blokade Laut Merah terhadap kapal berentitas Israel dari dan ke pelabuhan negara pendudukan tersebut jika kapal bantuan bisa masuk ke pelabuhan di Jalur Gaza. 

Ali Al-Houthi Kirim Pesan ke Israel: Kapal-Kapal Bisa ke Pelabuhan Eilat Asal Bantuan Bisa Masuk ke Gaza

TRIBUNNEWS.COM - Anggota Dewan Politik Tertinggi kelompok Ansarallah (Houthi), Muhammad Ali Al-Houthi, mengirim pesan ke pihak pemerintah pendudukan Israel untuk mengizinkan masuknya bantuan ke Jalur Gaza.

Sebagai imbalannya, kelompok Houthi Yaman akan mengizinkan hal serupa jumlah untuk tiba di pelabuhan Eilat.

Baca juga: Israel Tetapkan Status Siaga di Eilat, IDF Kirim Pasukan Besar dan Helikopter Takut Milisi Menyusup

Al-Houthi mengatakan dalam sebuah postingan di platform X (dulu twitter), Kamis (18/7/2024):

“Di pelabuhan Umm al-Rashrash (Eilat) Palestina yang bangkrut dan diduduki, kami berkata kepada musuh: Jika Anda mengizinkan bantuan masuk ke Gaza, dan prioritas pertama adalah masuknya bantuan ke Gaza utara... sejauh Anda mengizinkan bantuan masuk, tentara Yaman akan mengizinkan jumlah yang sama untuk mencapai... Pelabuhan yang diduduki, bola ada di tangan Anda, dan permulaannya lebih gelap.”

Dua hari lalu, Houthi mengumumkan bahwa mereka telah menargetkan situs militer Israel di Umm al-Rashrash (Eilat) di Laut Merah dengan demonstrasi sernagan drone.

Aktivitas bongkar muat kargo di pelabuhan Eilat Israel. Pelabuhan ini dikabarkan terkena serangan Houthi Yaman. Dampaknya, pelabuhan mengalami kerusakan parah dan aktivitas nyaris lumpuh, Imbas serangan, separuh anggota serikat pekerja Israel di pelabuhan itu akan kehilangan pekerjaan karena krisis jalur pelayaran Laut Merah dan serangan Houthi.
Aktivitas bongkar muat kargo di pelabuhan Eilat Israel. Pelabuhan ini dikabarkan terkena serangan Houthi Yaman. Dampaknya, pelabuhan mengalami kerusakan parah dan aktivitas nyaris lumpuh, Imbas serangan, separuh anggota serikat pekerja Israel di pelabuhan itu akan kehilangan pekerjaan karena krisis jalur pelayaran Laut Merah dan serangan Houthi. (khaberni)

Pelabuhan Eilat Bangkrut

Situs web World Cargo, yang memfokuskan pada  berita pelayaran internasional, menerbitkan pengumuman kebangkrutan pelabuhan Eilat sebagai akibat dari serangan yang dilancarkan oleh kelompok Houthi terhadap kapal-kapal berentitas Israel di Laut Merah.

BERITA TERKAIT

Pelabuhan Eilat adalah pintu gerbang Israel ke Asia dan Timur Jauh.

Terletak di persimpangan Gurun Negev dengan ujung Teluk Aqaba.

Pelabuhan ini memiliki kepentingan ekonomi dan militer, karena merupakan proyek strategis bagi Israel dan a pilar dasar perekonomian dan pertumbuhan kota.

Pemimpin kelompok Ansarallah Houthi di Yaman, Abdul Malik Al Houthi, mengumumkan serangan mereka sudah terjadi ke sebanyak 170 kapal yang terkait dengan Israel, Amerika Serikat, dan Inggris sejak November lalu, untuk mendukung Gaza, yang telah menghadapi perang Israel untuk tujuan tersebut. bulan kesepuluh.

Sebagai solidaritas terhadap Jalur Gaza, yang telah menghadapi perang Israel yang menghancurkan sejak 7 Oktober, dengan dukungan Amerika, kelompok Houthi menargetkan kapal kargo Israel dan kapal kargo terkait di Laut Merah dengan rudal dan drone.

Pecahan kaca di lokasi serangan drone kelompok Ansarallah Houthi Yaman di sebuah bangunan di Jalan Ben Yehuda, dekat Jalan Shalom Aleichem, Tel Aviv. Drone yang menabrak sasaran menimbulkan ledakan dahsyat yang terdengar sampai ke Tepi Barat wilayah pendudukan Israel, Kamis (18/7/2024) malam.
Pecahan kaca di lokasi serangan drone kelompok Ansarallah Houthi Yaman di sebuah bangunan di Jalan Ben Yehuda, dekat Jalan Shalom Aleichem, Tel Aviv. Drone yang menabrak sasaran menimbulkan ledakan dahsyat yang terdengar sampai ke Tepi Barat wilayah pendudukan Israel, Kamis (18/7/2024) malam. (almayadeen)

Luncurkan Drone Shahed dari Yaman ke Tel Aviv

Selain blokade Laut Merah, Houthi Yaman juga rajin menyerang wilayah di teritorial pendudukan Israel.

Terbaru,

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas