Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Diam-diam Menyalurkan Uang Jutaan Dolar untuk Pemukiman Ilegal di Tepi Barat

Israel diam-diam menyalurkan jutaan dolar ke pemukiman ilegal di Tepi Barat. untuk 'memperkuat keamanan' di pemukiman ilegal di Tepi Barat.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel Diam-diam Menyalurkan Uang Jutaan Dolar untuk Pemukiman Ilegal di Tepi Barat
AFP/Khaberni
Pemukim Yahudi Israel dibantu militer IDF menyerang warga Palestina di Kota Huwwara, Tepi Barat, pada 12 Oktober 2022. IDF diam-diam menyerahkan kewenangan kendali Tepi Barat ke lembaga administrasi sipil di bawah tokoh ekstemis sayap kanan ultranasionalis Bezalel Smootrich yang dinilai sebagai langkah nyata aneksasi Tepi Barat menjadi pendudukan Israel sepenuhnya. 

Israel Diam-diam Menyalurkan Uang Jutaan Dolar untuk Pemukiman Ilegal di Tepi Barat

TRIBUNNEWS.COM- Israel diam-diam menyalurkan jutaan dolar ke pemukiman ilegal di Tepi Barat.

Dana tersebut merupakan bagian dari anggaran untuk 'memperkuat keamanan' di pemukiman ilegal di Tepi Barat.

Israel telah mengalokasikan jutaan dolar untuk melindungi pos-pos pemukiman ilegal di Tepi Barat yang diduduki, lembaga pengawas Peace Now Israel melaporkan pada 23 Juli.

Dokumen yang diperoleh Peace Now menunjukkan bagaimana pemerintah Benjamin Netanyahu secara diam-diam mendanai pos-pos terdepan yang tidak sah – beberapa di antaranya telah dikaitkan dengan kekerasan pemukim Israel terhadap warga Palestina.

Beberapa pos terdepan ini juga telah terkena sanksi AS.

Peace Now juga mengatakan bahwa pada tahun 2023, pemerintah mengalokasikan lebih dari $7 juta untuk keamanan di pos-pos ilegal yang didirikan yang melanggar hukum Israel.

BERITA TERKAIT

Hal itu diungkapkan Hoshaya Harari, direktur jenderal Divisi Pemukiman Organisasi Zionis Dunia, dalam sebuah konferensi yang digelar pada bulan Juni oleh partai Zionis Religius Israel yang dipimpin Menteri Keuangan Bezalel Smotrich.

Peace Now merekam konferensi bulan Juni dan merilis rinciannya pada tanggal 23 Juli.

Dana tersebut merupakan bagian dari anggaran pemerintah untuk meningkatkan keamanan di kedua permukiman dan pos-pos ilegal di Tepi Barat.

Menurut Peace Now, dana tersebut digunakan untuk membeli kendaraan, pesawat nirawak, kamera, generator, gerbang listrik, dan barang-barang lainnya.

Lebih dari separuh dana diberikan kepada pos-pos terdepan yang dibangun di atas lahan Palestina yang luas.

Lembaga pengawas tersebut menambahkan bahwa anggaran keamanan untuk pos-pos terdepan ilegal diperkirakan akan meningkat hingga lebih dari $17 juta pada tahun 2024.

"Pemerintah Israel tidak hanya membiarkan para pemukim mengambil alih tanah, mendirikan pos-pos terdepan dan pertanian yang melanggar hukum, serta menyerang dan mengusir warga Palestina tanpa ada tanggapan, tetapi juga mendanai dan membantu mereka," kata Peace Now.

Tahun lalu, Kementerian Pemukiman dan Misi Nasional Israel mengumumkan anggaran $20 juta untuk keamanan pemukiman.

Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir, sejak dimulainya perang, telah memimpin inisiatif untuk menyediakan senjata bagi warga Israel yang tinggal di pemukiman Tepi Barat.

Sejumlah pos permukiman di wilayah pendudukan Tepi Barat tidak memiliki izin berdasarkan hukum Israel. Namun, semua permukiman di wilayah tersebut dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas