Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Para petinggi Israel dan Mantan Pejabat Keamanan Mengecam Netanyahu yang akan Pidato di Kongres AS

Para petinggi Israel dan mantan pejabat keamanan mengecam Netanyahu menjelang Netanyahu berpidato di Kongres AS.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Para petinggi Israel dan Mantan Pejabat Keamanan Mengecam Netanyahu yang akan Pidato di Kongres AS
tangkapan layar Time of Israel, Itai Ron/Flash90
DEMO NETANYAHU- Ribuan orang di Israel berunjuk rasa di Tel Aviv pada Sabtu (20/7). Mereka mendesak PM Israel Benjamin Netanyahu untuk tidak berangkat ke AS sebelum menyelesaikan kesepakatan penyanderaan. 

Para petinggi Israel dan Mantan Pejabat Keamanan Mengecam Netanyahu yang akan Pidato di Kongres AS

TRIBUNNEWS.COM- Para petinggi Israel dan mantan pejabat keamanan mengecam Netanyahu menjelang Netanyahu berpidato di Kongres AS.

Puluhan eksekutif, akademisi, dan mantan pejabat keamanan nasional Israel mengecam Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada hari Selasa (23/7).

Mereka memperingatkan dalam sebuah surat kepada para pemimpin kongres AS bahwa ia merupakan "ancaman eksistensial" bagi AS dan Israel, Anadolu Agency melaporkan.

Surat yang ditandatangani oleh 31 warga Israel itu muncul menjelang pidato Netanyahu di sidang gabungan Kongres, di mana banyak anggota parlemen diperkirakan tidak akan hadir sebagai bentuk menggelar protes untuk mengganggu pidato pemimpin Israel itu.

Surat itu ditujukan kepada Ketua DPR Mike Johnson, Pemimpin Minoritas DPR Hakeem Jeffries, Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, dan Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell.

"Kita tidak bisa melebih-lebihkan hal ini: Perdana Menteri Netanyahu menimbulkan ancaman eksistensial bagi Negara Israel".

BERITA TERKAIT

"Ia tidak memiliki tujuan strategis yang jelas untuk perang di Gaza, tidak ada rencana untuk hari berikutnya, maupun strategi untuk menghadapi ancaman eksistensial Iran".

"Selama beberapa dekade, ia telah menghasut orang Israel untuk saling bermusuhan, merusak tatanan sosial nasional kita, secara dramatis merusak kemampuan pertahanan kita, menggerogoti ekonomi kita, dan menghancurkan reputasi internasional kita," tulis mereka dalam surat tersebut, salinan surat tersebut dipublikasikan oleh CNN .

“Lebih jauh lagi, Netanyahu sangat merugikan kepentingan keamanan nasional AS melalui pendekatannya terhadap perang ini, yang berdampak buruk pada kebijakan Amerika di Timur Tengah dan sekitarnya serta semakin membahayakan Israel,” imbuh mereka.

Penandatangan terkemuka termasuk mantan kepala staf militer Israel, Letnan Jenderal Dan Haloutz, mantan Direktur Mossad Tamir Pardo, mantan Menteri Pertahanan Moshe Ya'alon, Pemenang Hadiah Nobel, Aaron Ciechanover dan mantan utusan Israel untuk PBB, Gabriela Shalev.

Pidato Netanyahu pada hari Rabu akan disambut protes luas di seluruh ibu kota AS oleh kelompok-kelompok yang menentang perang yang sedang berlangsung di Jalur Gaza yang terkepung, tempat hampir 40.000 orang tewas.

Sebagian besar daerah kantong pantai itu telah hancur menjadi puing-puing di tengah pemboman besar-besaran, yang diakui Presiden Joe Biden sebagai "tanpa pandang bulu".

Sebagian besar korban tewas yang dikonfirmasi adalah wanita dan anak-anak.

Kekhawatiran terus meningkat bahwa jumlah korban tewas sebenarnya di Gaza jauh lebih tinggi daripada angka resmi yang dilaporkan oleh pejabat kesehatan Gaza karena penguburan massal dan kuburan massal yang telah ditemukan sebelumnya.

Pembatasan Israel terhadap pengiriman bantuan internasional telah memperburuk bencana kemanusiaan di Gaza secara signifikan.

Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa ada risiko tinggi polio beredar di tengah kekurangan air bersih yang sudah berlangsung lama. Jejak penyakit yang sangat menular ini telah terdeteksi dalam air limbah.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas