Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Israel di Khan Yunis pada Tanggal 24 Juli Menjadi Salah Satu Serangan Paling Berdarah

Delapan puluh tiga persen warga Gaza dievakuasi secara paksa ketika pembantaian terjadi di Khan Yunis.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Serangan Israel di Khan Yunis pada Tanggal 24 Juli Menjadi Salah Satu Serangan Paling Berdarah
khaberni/HO
Wanita warga Palestina tampak meratap di lokasi pengeboman Israel di Al-Mawasi dekat Khan Yunis, Gaza Selatan, Sabtu (13/7/2024). IDF mengklaim mengincar pemimpin dan sel militer Hamas di lokasi yang mereka tetapkan sendiri sebagai zona aman bagi pengungsi Gaza tersebut. 

83 Persen Warga Gaza Dievakuasi Paksa Saat Pembantaian Terjadi di Khan Yunis

TRIBUNNEWS.COM- Delapan puluh tiga persen warga Gaza dievakuasi secara paksa ketika pembantaian terjadi di Khan Yunis.

Tidak ada lagi tempat berlindung bagi jutaan warga Palestina di Gaza karena tentara Israel terus menimbulkan kekacauan di jalur tersebut.




Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Med mengatakan pada tanggal 24 Juli bahwa serangan Israel yang sedang berlangsung di kota Khan Yunis di selatan Gaza adalah salah satu serangan “paling berdarah” yang pernah terjadi.

Menurut pemantau dan pihak berwenang di Jalur Gaza, serangan yang sedang berlangsung terhadap Khan Yunis telah menewaskan sedikitnya 89 orang dan melukai lebih dari 263 lainnya.

Jumlah korban tewas diperkirakan akan terus meningkat.

“Pasukan Israel melemparkan selebaran di bagian timur Khan Younis dan kemudian mulai menembaki seluruh bagian kota dengan cara yang sangat gila,” seorang koresponden Al Jazeera di Gaza tengah melaporkan pada hari Rabu.

BERITA TERKAIT

Dia menambahkan bahwa paramedis tidak dapat menjangkau daerah-daerah tertentu untuk mencapai tujuan tersebut untuk mengobati yang terluka.

Koresponden mengatakan orang-orang di Khan Yunis berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa tujuan, mencari perlindungan ketika serangan Israel di jalan-jalan yang ramai terus berlanjut.

Rumah sakit terakhir di kota itu, Kompleks Medis Nasser, menghadapi gelombang besar korban jiwa dan segera meminta unit darah untuk merawat orang-orang terluka yang tiba di fasilitas tersebut setiap menit.

Pasukan Israel memasuki kembali kota selatan pada tanggal 22 Juli setelah mengeluarkan perintah evakuasi kepada penduduk, kurang dari dua minggu setelah memaksa puluhan ribu warga Palestina mengungsi dari Kota Gaza di jalur utara. Menurut Al-Jazeera, sekitar 150.000 warga Palestina di Khan Yunis kini melarikan diri.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) memperingatkan dalam sebuah laporan situasi pada hari Senin bahwa “per 22 Juli, hampir 83 persen Jalur Gaza telah ditempatkan di bawah perintah evakuasi atau ditetapkan sebagai 'zona larangan bepergian' oleh PBB. militer Israel.”

“Perintah evakuasi yang sering dilakukan dan permusuhan yang tiada henti semakin menghancurkan sistem kesehatan Gaza dan semakin mempersulit para pengungsi untuk mengakses layanan penting, khususnya orang-orang yang menderita penyakit kronis,” tambah laporan itu, bertepatan dengan merebaknya virus polio di seluruh wilayah daerah kantong yang hancur tersebut.

Ketika Israel tanpa henti menargetkan penduduk sipil di wilayah tersebut, tentara Israel terus menghadapi perlawanan sengit dari para pejuang Brigade Qassam Hamas dan faksi perlawanan lainnya, baik di Khan Yunis dan di kota paling selatan Rafah.

Brigade Qassam mengumumkan beberapa operasi yang menargetkan tank dan buldoser Israel di timur Khan Yunis selama dua hari terakhir.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas