Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Pasok Senjata EMP ke Hizbullah, Pakar Keamanan Israel: Jika Benar, Kecoak Pun Tak Akan Selamat

Pengiriman senjata tersebut dilaporkan mencakup bom dan rudal yang membawa hulu ledak pulsa elektromagnetik (EMP).

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Iran Pasok Senjata EMP ke Hizbullah, Pakar Keamanan Israel: Jika Benar, Kecoak Pun Tak Akan Selamat
Ist
Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) baru-baru ini mengirimkan "senjata berkualitas" kepada Hizbullah Lebanon. Teheran mengirimkan persenjataan kepada Hizbullah yang mampu menghancurkan radar dan sistem komunikasi Israel. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) baru-baru ini mengirimkan senjata berkualitas tinggi kepada kelompok muslim Syiah Hizbullah Lebanon.

Seorang sumber Iran kepada harian Al-Jarida milik Kuwait pada hari Kamis lalu mengatakan, Teheran mengirimkan persenjataan kepada Hizbullah yang mampu menghancurkan radar dan sistem komunikasi Israel.

Pengiriman senjata tersebut dilaporkan mencakup bom dan rudal yang membawa hulu ledak pulsa elektromagnetik (EMP).




Beberapa bom yang dikatakan telah dikirimkan dapat diluncurkan dari peluncur stasioner, sementara yang lain dapat dipasang pada pesawat nirawak untuk mencapai target jauh di dalam Israel.

Menurut laporan itu, bom tersebut "dapat menghancurkan semua sistem komunikasi, termasuk infrastruktur listrik," dalam beberapa menit setelah Pasukan Pertahanan Israel atau IDF melancarkan operasi militer terhadap Hizbullah.

Senjata-senjata itu, yang dikatakan telah dikirim minggu lalu, juga dapat digunakan untuk melawan pasukan AS dan Inggris yang datang membantu Israel, katanya sumber yang diidentifikasi sebagai petinggi Quds Force.

Kekuatan serangan EMP sama dengan serangan nuklir. Di area berbentuk kerucut di bawah, semua infrastruktur listrik dan perangkat elektronik gagal berfungsi.

BERITA TERKAIT

Area tersebut dapat ditentukan sebelumnya dengan mengatur ukuran kerucut terlebih dahulu.

Meskipun ledakan tersebut tidak menyebabkan kematian langsung, hilangnya infrastruktur dapat menimbulkan konsekuensi yang menghancurkan.

Pejabat itu menyarankan bahwa, jika terjadi perang habis-habisan di utara, senjata EMP baru akan menghilangkan keunggulan udara Angkatan Udara Israel, sementara Hizbullah mengincar konflik simultan di Yudea, Samaria, dan Jalur Gaza, yang mengarah pada perang multi-front.

Kecoak pun tak selamat

Sementara, Rotem Mey-Tal, CEO Asgard Systems, sebuah perusahaan di Israel yang mengembangkan teknologi militer untuk industri pertahanan membahas taktik baru Hizbullah dan pasokan persenjataan elektromagnetik.

Surat kabar Kuwait Al-Jarida melaporkan bahwa Iran telah memasok persenjataan elektromagnetik kepada Hizbullah dan pasukan proksi Iran lainnya, yang dapat melumpuhkan sistem komunikasi dan mematikan radar.

Rotem Mey-Tal, CEO Asgard Systems, sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi militer untuk industri pertahanan dan penggagas kompetisi "30U30 in Defense" untuk tahun 2024, membahas masalah tersebut.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas