Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-893: Zelensky Puji Pasukannya usai Serang Depot Minyak

Volodymyr Zelensky memuji pasukannya karena menyerang target militer di dalam Rusia, setelah tentaranya melaporkan beberapa serangan.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-893: Zelensky Puji Pasukannya usai Serang Depot Minyak
Getty Images/Maksim Marusenko
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memuji pasukannya karena menyerang target militer di dalam Rusia, termasuk di lapangan udara dan depot minyak. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini rangkuman peristiwa dalam perang Rusia-Ukraia hari ke-893 pada Minggu (4/8/2024).

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memuji pasukannya karena menyerang target militer di dalam Rusia, termasuk di lapangan udara dan depot minyak.

Sementara itu, pejabat Rusia mengatakan pasukan Ukraina menargetkan beberapa wilayah Rusia dengan serangan pesawat nirawak besar-besaran semalam.

Simak peristiwa lainnya yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraia hari ke-893 berikut ini.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-893:

* Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memuji pasukannya karena menyerang target militer di dalam Rusia, termasuk di lapangan udara dan depot minyak.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada masing-masing prajurit kami dan semua yang bekerja di industri pertahanan kami karena menyerang lapangan udara, kilang minyak, dan logistik Rusia," kata Zelensky dalam pernyataan hariannya."

"Kyiv telah meningkatkan serangan udara di wilayah Rusia, dengan mengatakan bahwa mereka melakukan serangan sebagai balasan atas pemboman yang telah dihadapi Ukraina sejak Rusia menginvasi lebih dari dua tahun lalu."

BERITA TERKAIT

"Setiap serangan yang secara akurat menanggapi bom Rusia, yang menghancurkan logistik Rusia, pangkalan Rusia, yang membuat penjajah lebih sulit untuk tetap berada di tanah kami. Setiap serangan seperti itu membawa akhir perang yang adil lebih dekat," tambahnya.

Pejabat Rusia tidak menanggapi klaim mengenai lapangan udara yang hancur, tetapi gubernur setempat Vasily Golubev mengatakan di Telegram bahwa pihak berwenang telah memperkenalkan keadaan darurat di distrik Morozovsk.

* Pejabat Rusia mengatakan pasukan Ukraina semalam menargetkan beberapa wilayah Rusia dengan serangan pesawat nirawak besar-besaran.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sistem pertahanan udaranya "mencegat dan menghancurkan" total 75 pesawat nirawak di sejumlah wilayah yang terletak di perbatasan dengan Ukraina atau tidak jauh darinya, termasuk Belgorod, Krasnodar, Kursk, Oryol, Rostov, Voronezh, dan wilayah Ryazan yang lebih dalam di Rusia.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-892: Kyiv Terima 250 Mayat Tentaranya, Ditukar 38 Mayat Tentara Rusia

Gubernur Rostov, Vasily Golubev, mengatakan wilayah itu diserang oleh total 55 pesawat nirawak, tetapi tidak menyebutkan berapa banyak dari pesawat nirawak ini yang dicegat dan berapa banyak yang mengenai sasaran, hanya mengatakan bahwa "fasilitas gudang" di distrik Morozovsk dan Kamensky mengalami kerusakan dalam serangan itu.

* Angkatan udara Ukraina mengatakan Rusia melancarkan serangan semalam atas wilayahnya dengan 29 pesawat nirawak Shahed dan empat rudal.

Pertahanan udara Ukraina menembak jatuh 24 pesawat nirawak di sembilan wilayah negara itu, kata komandan angkatan udara Mykola Oleshchuk dalam sebuah pernyataan daring.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas