Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Kirim Alutsista Canggih ke Iran, Joe Biden Kumpulkan Pejabat Keamanan di Situation Room

Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris mengadakan pertemuan dengan pejabat keamanan nasional di Situation Room di Gedung Putih pada 4 Agustus 2024.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Rusia Kirim Alutsista Canggih ke Iran, Joe Biden Kumpulkan Pejabat Keamanan di Situation Room
The Sun
FILE: Presiden AS Joe Biden rapat dengan petinggi keamanan AS di Situation Room. 

Situation Room disebut sebagai tempat khusus intelijen di lantai dasar West Wing Gedung Putih, AS.

TRIBUNNEWS.COM, AS -  "Pejabat Iran mengatakan bahwa Rusia telah mulai mengirim peralatan radar dan rudal pertahanan udara canggih ke Iran," tulis The New York Times, Selasa (6/8/2024).

Dikatakan bahwa para pejabat di Teheran meminta Rusia untuk menyediakan senjata bagi mereka.

Informasi ini terungkap ketika media pemerintah Iran memberitakan pertemuan antara Presiden baru Iran Masoud Pezeshkian dan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Sergei Shoigu kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden baru Iran mengatakan Teheran bertekad untuk memperluas hubungan dengan mitra strategisnya.

“Rusia adalah salah satu negara yang mendukung Iran selama masa-masa sulit,” kata Pezeshkian kepada Sergei Shoigu.

Presiden Iran juga mengatakan bahwa tindakan kriminal Israel di Gaza dan pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pekan lalu adalah contoh nyata pelanggaran terhadap seluruh hukum dan peraturan internasional.

BERITA TERKAIT

Rusia mengutuk pembunuhan Haniyeh dan meminta semua pihak untuk menahan diri dari tindakan yang dapat mendorong Timur Tengah ke dalam perang regional yang lebih luas.

Joe Biden Kumpulkan Pejabat Keamanan di Situation Room

Sementara itu, menurut The Hill, Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris mengadakan pertemuan dengan pejabat keamanan nasional di Situation Room di Gedung Putih pada 4 Agustus 2024.

Pertemuan itu diadakan ketika Iran menegaskan kembali niatnya menyerang Israel atas pembunuhan tokoh politik terkemuka Hamas pemimpin Ismail Haniyeh di Teheran.

Situation Room dianggap sebagai tempat paling rahasia di Amerika.

Ruangan itu dianggap pusat kendali  untuk  menangani hampir seluruh kegiatan rahasia militer dan diplomatik kabinet pemerintahan AS sejak tahun 1961 hingga saat ini.

Situation Room disebut sebagai tempat khusus intelijen di lantai dasar West Wing Gedung Putih, AS.

Meskipun kerap disebut sebagai satu ruangan saja namun  sebenarnya itu adalah ruang operasi seluas 5.000 kaki persegi (460 m2 ) yang terdiri dari stasiun jaga tugas dan tiga ruang konferensi yang aman.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas