Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rekaman CCTV Bocor, Tentara Israel Rudapaksa Tawanan Pria Palestina, Ungkap Derita Cedera Rektum

Pengalaman traumatis Ibrahim Salem dan tahanan Palestina lain yang dirudapaksa oleh sejumlah tentara wanita Israel di kamp penahanan Sde Teiman.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Rekaman CCTV Bocor, Tentara Israel Rudapaksa Tawanan Pria Palestina, Ungkap Derita Cedera Rektum
Kolase Tribunnews.com
Sebuah rekaman Closed-Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas menunjukkan sejumlah tentara Israel melakukan pemerkosaan terhadap tawanan pria Palestina di kamp penahanan Sde Teiman. Pengalaman traumatis Ibrahim Salem dan tahanan Palestina lain yang diperkosa oleh sejumlah tentara wanita Israel di kamp penahanan Sde Teiman. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah rekaman Closed-Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas menunjukkan sejumlah tentara Israel melakukan rudapaksa terhadap tawanan pria Palestina di kamp penahanan Sde Teiman, pada 29 Juli 2024.

Dari rekaman CCTV yang diberitakan oleh stasiun televisi Israel, Channel 12 pada Rabu (7/8/2024), memperlihatkan sekelompok tentara cadangan Israel tampak memilih satu tawanan dari sekitar 30 tahanan lainnya yang berbaring di tanah dengan mata tertutup.

Para tawakan kemudian terlihat digiring ke pojok.

"Mereka jelas mengetahui adanya kamera pengawas dan mencoba menyembunyikan tindakan mereka dengan tameng," bunyi laporan Channel 12.

"Video ini mendokumentasikan tindakan kejahatan para (tentara) cadangan: tindakan sodomi dalam kondisi seperti ini," imbuh laporan tersebut.

Laporan itu juga menyebutkan tawanan tersebut berdarah, kemudian dibawa ke rumah sakit setelah beberapa jam. Kondisinya digambarkan sangat "kompleks."

"Cedera itu disebabkan oleh masuknya sebuah benda," kata saluran itu mengutip laporan medis.

BERITA REKOMENDASI

Sedikitnya sembilan tentara Israel ditangkap dan Jaksa militer mengklaim masih menyelidiki insiden tersebut, tetapi belum mengajukan dakwaan terhadap para tersangka.

Penyiksaan massal tawanan Palestina

Dalam beberapa bulan terakhir, banyak laporan muncul tentang penyiksaan massal tawanan Palestina dari Gaza di penjara Sde Teiman di gurun Negev, Israel bagian selatan.

Pihak berwenang Israel sering mengklaim menyelidiki insiden-insiden tersebut, tetapi tak ada hasilnya.

Dilansir Al Jazeera, yang mengutip laporan Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, per akhir Juni 2024, Israel telah menahan lebih dari 9.400 warga Palestina sejak mulai menyerang Jalur Gaza pada 7 Oktober tahun lalu.

Baca juga: AS Kecam Kelakuan Tentara Israel rudapaksa Tahanan Palestina, Terekam CCTV

Berdasarkan wawancara dengan para tawanan dan korban lainnya dalam kurun 7 Oktober 2023 hingga 30 Juni 2024, laporan PBB itu menemukan "ribuan warga Palestina" termasuk staf medis, "dibawa dari Gaza ke Israel, biasanya diikat dan ditutup matanya."

Tawanan Palestina derita cedera rektum

Dengan mata tertutup dan tangan di belakang kepala, para tawanan Palestina berbaris di dekat pagar kawat berduri kamp penahanan Sde Teiman Israel

Itu adalah salah satu foto pertama yang bocor dari pangkalan militer terkenal itu, tempat ribuan tahanan Palestina ditahan tanpa dakwaan dan disiksa secara rutin.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas