Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

25 Tenaga Kesehatan TNI Untuk Misi Kemanusiaan Gaza Mulai Periksa Pasien di RS Terapung El Arish

Tenaga kesehatan TNI yang ditugaskan dalam misi kemanusiaan Gaza untuk merawat pasien-pasien di rumah sakit terapung milik Uni Emirat Arab.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in 25 Tenaga Kesehatan TNI Untuk Misi Kemanusiaan Gaza Mulai Periksa Pasien di RS Terapung El Arish
Biro Humas Setjen Kemhan
25 personel tenaga kesehatan (nakes) TNI yang ditugaskan dalam misi kemanusiaan Gaza mulai merawat pasien-pasien di rumah sakit terapung milik Uni Emirat Arab di El Arish Mesir. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - 25 dari 40 personel tenaga kesehatan (nakes) TNI yang ditugaskan dalam misi kemanusiaan Gaza untuk merawat pasien-pasien di rumah sakit terapung milik Uni Emirat Arab di El Arish Mesir mulai memeriksa pasien.

Sebelumnya, mereka tiba di Abu Dhabi, UEA dan langsung disambut Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab HE Husin Bagis dan Atase Pertahanan RI di Abu Dhabi Brigjen TNI Muhammad Irawadi pada Jumat (9/8/2024) sekira pukul 05.00 waktu setempat.




Tim nakes TNI tahap pertama yang terdiri dari 25 personel tersebut diberangkatkan dari Abu Dhabi menuju El Arish, Mesir dengan menggunakan pesawat Angkatan Udara UEA berjenis Boeing C-17 Globemaster III, Sabtu (10/8/2024).

Mereka tiba di sana pukul 10.00 waktu setempat.

Setibanya di El Arish, 25 personel nakes TNI yang dipimpin Kolonel Ckm dr Adry Pasmawi Sp B, yang sehari-hari menjabat SMF Dokter Umum-1 IGD RSPAD Gatot Subroto.

Mereka pun langsung menuju RS terapung untuk melaksanakan briefing keselamatan dan orientasi awal.

Baca juga: Warga Palestina Masih Cari Jenazah Kerabat Mereka di Sekolah Gaza yang Dibom Israel

BERITA TERKAIT

Kemudian, Minggu (11/8/2024), nakes TNI melaksanakan kegiatan briefing dan orientasi lanjutan di RS terapung di El Arish, Mesir.

Kegiatan orientasi itu berupa peninjauan fasilitas RS terapung El Arish seperti ruang farmasi, perawatan, peralatan radiologi (X-Ray), sarana rehabilitasi medis, dan fasilitas lainnya.

"Nakes TNI juga mulai mengecek sejumlah pasien yang sedang menjalani perawatan dan rehabilitasi di RS terapung tersebut," kata keterangan resmi Biro Humas Setjen Kemhan yang terkonfirmasi pada Selasa (13/8/2024).

Baca juga: Warga Palestina Gunakan Kantong Plastik untuk Kumpulkan Potongan Tubuh Korban Serangan Bom di Gaza

"RS terapung di El Arish sudah beroperasi sejak bulan Februari 2024 dan telah merawat lebih dari 3.700 warga Palestina yang menjadi korban akibat serangan Israel," sambung keterangan tersebut.

Rencananya, 15 personel nakes TNI berikutnya akan diberangkatkan pada tahap kedua sesuai perkembangan situasi keamanan.

Arahan Menhan RI

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebelumnya memberikan pembekalan kepada 40 tenaga kesehatan (nakes) TNI yang akan berangkat untuk misi kemanusiaan Gaza, Rabu (7/8/2024).

Dalam pembekalannya, Prabowo mengatakan apa yang terjadi di Gaza, Timur Tengah adalah sesuatu yang sangat menusuk rasa kemanusiaan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas