Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenlu AS Kecam Aksi Ben-Gvir Serbu Al-Aqsa: Ini Tak Sejalan dengan Arahan Netanyahu

AS nilai langkah Ben Gvir ini justru merugikan keamanan Israel sendiri di tengah ketegangan yang sudah sangat tinggi di kawasan tersebut.

Penulis: Bobby W
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kemenlu AS Kecam Aksi Ben-Gvir Serbu Al-Aqsa: Ini Tak Sejalan dengan Arahan Netanyahu
UGC/AFP
Tangkapan gambar rekaman video UGC yang diunggah pada 13 Agustus 2024, memperlihatkan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir (kedua dari kanan) meneriakkan slogan 'Am Yisrael Chai' saat berkunjung ke Temple Mount. 

TRIBUNNEWS.COM - Aksi menteri keamanan nasional sayap kanan, Israel Itamar Ben-Gvir, yang memimpin doa bagi jemaah kaum Yahudi di kompleks Masjid Al-Aqsa pada Selasa (13/8/2024), menuai kecaman banyak pihak.

Aksi Ben-Gvir ini menuai kecaman dari Amerika Serikat, Uni Eropa, PBB, Prancis, Yordania, Mesir, Qatar, Arab Saudi, dan beberapa negara lainnya.

Di Amerika Serikat sendiri, salah satu yang berang dengan aksi Ben-Gvir tersebut adalah Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken.

Blinken secara terang-terangan mengkritik keras aksi Ben-Gvir ke lokasi yang dinilainya sangat sensitif tersebut.

Ia menilai tindakan gegabah Ben-Gvir tersebut sebagai provokasi yang dapat memicu kekacauan di kawasan Timur Tengah.

"Tindakan provokatif ini hanya memperburuk ketegangan di saat ketika semua seharusnya memfokuskan perhatian pada upaya diplomatik untuk mencapai perjanjian gencatan senjata," kritik Blinken kepada Ben-Gvir.

Blinken juga kembali menegaskan, Washington mendukung pengaturan status quo di Al-Aqsa, di mana orang Yahudi boleh mengunjungi, tetapi tidak berdoa di atas kompleks tersebut.

BERITA TERKAIT

Karena hal tersebut, Blinken pun mengaku kecewa dengan kelakuan Itamar Ben-Gvir yang seolah tak acuh dengan komitmen AS tersebut.

"Kunjungan Ben-Gvir (ke Al-Aqsa) ini  menunjukkan ketidakpeduliannya terhadap status quo terkait tempat-tempat suci di Yerusalem," kata Blinken dalam sebuah pernyataan pada Selasa malam waktu setempat.

Sejumlah pejabat Kemenlu AS lainnya juga menilai Aksi Ben-Gvir ini  telah melanggar arahan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Hal ini diutarakan oleh juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Vedant Patel.

Baca juga: Prancis dan Negara-negara Arab Kecam Provokasi Ben-Gvir yang Menyerbu ke Kompleks Masjid Al-Aqsa

"Kami sudah menghubungi Kantor Perdana Menteri Israel untuk menjelaskan kejadian pagi ini (Kunjungan Ben-Gvir di Al-Aqsa)."

"Mereka menyebutnya (aksi Ben-Gvir) merupakan penyimpangan dari kebijakan Israel dan penyimpangan dari status quo." ucap Patel usai pihaknya menghubungi kantor Benjamin Netanyahu.

Patel juga mengatakan langkah-langkah Ben-Gvir ini justru merugikan keamanan Israel sendiri di tengah ketegangan yang sudah sangat tinggi di kawasan tersebut.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas