Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

4.000 Kematian per Bulan di Gaza, Media Israel: Perang Paling Berdarah Abad ke-21

Media Isral melaporkan setidaknya ada 4.000 kematian tiap bulannya di Gaza sejak perang berlangsung pada 7 Oktober 2023.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in 4.000 Kematian per Bulan di Gaza, Media Israel: Perang Paling Berdarah Abad ke-21
MOHAMMED ABED / AFP
Warga sipil menyaksikan petugas Kementerian Kesehatan Palestina yang berbasis di Gaza menguburkan jenazah warga Palestina tak dikenal yang tanggal kematiannya tidak diketahui setelah mereka dikembalikan oleh Israel pada hari yang sama melalui penyeberangan Kerem Shalom, di kuburan massal di timur Rafah di selatan Jalur Gaza pada 30 Januari 2024 - Media Isral melaporkan setidaknya ada 4.000 kematian tiap bulannya di Gaza sejak perang berlangsung pada 7 Oktober 2023. 

TRIBUNNEWS.com - Dalam penyelidikan baru-baru ini, media harian Israel, Haaretz, menyebut serangan di Jalur Gaza sebagai salah satu "perang paling berdarah" di abad ke-21.

Menurut Haaretz, perang di Gaza telah merenggut nyawa puluhan ribu warga Palestina, di mana sebagian besar korban berada di zona yang sebelumnya ditetapkan sebagai "zona aman" oleh militer Israel.

Laporan Haaretz juga mengkritik keras Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, karena menuduh "masyarakat internasional bersikap munafik mengenai perang di Jalur Gaza dan mengklaim, masyarakat internasional mengabaikan konflik dan bencana kemanusiaan lainnya."

"Namun, pemeriksaan yang tak serius terhadap jumlah korban tewas di Gaza, menunjukkan ini adalah salah satu perang paling berdarah sejak awal abad ini, terutama jika Anda memeriksa tingkat kematian dari total populasi," imbuh laporan itu, dilansir Anadolu Ajansi.

Haaretz menunjukkan, perang Gaza telah mengakibatkan jumlah korban tewas yang luar biasa tinggi, dengan sekitar 40.000 warga Palestina terbunuh sejak 7 Oktober 2023.

Angka itu setara dengan sekitar dua persen total populasi Gaza yang berjumlah dua juta jiwa.

Data itu menjadi sorotan Haaretz, di mana angka kematian di Gaza mengkhawatirkan, dengan rata-rata mencapai sekitar 4.000 kematian per bulan, jauh melampaui angka kematian bulanan dalam konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

Militer Israel Targetkan Zona Aman

BERITA REKOMENDASI

Meski tentara Israel menetapkan beberapa wilayah di Gaza sebagai "zona aman", Haaretz mengatakan, "sebagian besar penduduk Gaza telah mengungsi, tapi pelarian mereka ke zona aman tidak selalu membantu. Banyak yang terbunuh di wilayah tersebut."

Pasukan Israel telah berulang kali menargetkan "zona aman" tempat berkumpulnya warga sipil yang mengungsi, yang mengakibatkan kematian ratusan orang, termasuk wanita dan anak-anak.

Haaretz mencatat, organisasi internasional dan media massa, secara konsisten memverifikasi angka korban dari laporan Kementerian Kesehatan Gaza.

Hingga Rabu (14/8/2024), Kementerian melaporkan hampir 40.000 warga Palestina tewas dan 92.000 lainnya terluka, sedangkan 10.000 orang masih hilang di bawah reruntuhan.

Baca juga: Kementerian Dalam Negeri Gaza Tangkap Warga yang Bantu Israel Lacak Perlawanan Palestina

Haaretz membandingkan konflik Gaza dengan bencana kemanusiaan besar lainnya.

"Dalam genosida Rohingya di Myanmar, misalnya, sekitar 25.000 orang telah terbunuh, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa."

"Perang di Gaza juga menonjol dibandingkan perang-perang pada 1990-an, misalnya yang terjadi di bekas negara Yugoslavia. Salah satu wilayah tersebut adalah Bosnia, dan pada tahun terburuk konflik tersebut, 1991, jumlah rata-rata kematian per bulan adalah 2.097, dan jumlah total korban tewas selama empat tahun di sana adalah 63.000," urai laporan Haaretz.

Kehancuran di Gaza

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas