Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Siagakan Militer dalam Siaga Tinggi saat Amerika Serikat Kirim Aset Militer ke Timur Tengah

Israel menempatkan militernya dalam siaga tinggi dan Pentagon mengatakan pihaknya mengirim kapal selam berpeluru kendali ke kawasan tersebut.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel Siagakan Militer dalam Siaga Tinggi saat Amerika Serikat Kirim Aset Militer ke Timur Tengah
rntv/tangkap layar
Kepala Staf Militer Israel (IDF), Herzi Halevi memberi pengarahan lapangan ke pasukan tempur IDF dalam perang Gaza. Israel dilaporkan mengalami krisis personel militer seiring berlarutnya perang di Jalur Gaza yang sudah berlangsung sembilan bulan. 

Israel Siagakan Militer dalam Siaga Tinggi saat Amerika Serikat Kirim Aset Militer ke Timur Tengah

TRIBUNNEWS.COM- Israel menempatkan militernya dalam siaga tinggi dan Pentagon mengatakan pihaknya mengirim kapal selam berpeluru kendali ke kawasan tersebut dan mempercepat kedatangan kapal induk kedua, di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang kemungkinan tanggapan Iran dan Hizbullah terhadap pembunuhan para pemimpin militan di Teheran dan Beirut.

Israel menetapkan tingkat kewaspadaan tinggi bagi militernya untuk pertama kalinya bulan ini setelah mengamati persiapan Iran dan Hizbullah untuk melakukan serangan, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut.




Israel tidak tahu apakah serangan akan segera terjadi dan bertindak hati-hati, kata orang tersebut.

Kepala staf militer Israel, Herzi Halevi, menyetujui rencana tersebut pada hari Senin dan mengatakan persiapan ofensif dan defensif sedang berlangsung, menurut militer Israel.

"Kita berada di masa kewaspadaan dan kesiapsiagaan," kata Yoav Gallant, menteri pertahanan Israel. "Ancaman dari Teheran dan Beirut mungkin terwujud dan penting untuk menjelaskan kepada semua orang bahwa kesiapan, kesiapsiagaan, dan kewaspadaan bukanlah sinonim dari ketakutan dan kepanikan," katanya.

AS telah berbagi informasi intelijen yang telah dikumpulkannya tentang perubahan postur pasukan Iran, menurut seorang pejabat AS. Namun, pejabat AS mengatakan bahwa mengidentifikasi pemindahan aset militer tidak memberikan informasi yang cukup untuk menentukan waktu terjadinya serangan potensial.

BERITA TERKAIT

"Penilaian kami konsisten dengan penilaian yang dikeluarkan Israel selama akhir pekan lalu mengenai apa yang mungkin mereka harapkan," kata John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional, merujuk pada pandangan bahwa "sesuatu dapat terjadi minggu ini oleh Iran dan proksinya."

AS dan empat sekutu Eropa meminta Iran untuk menarik diri dari ancaman serangan militer, menurut pernyataan bersama dengan Inggris, Jerman, Prancis, dan Italia yang dirilis oleh Gedung Putih. AS telah memperingatkan Iran secara langsung dan melalui perantara bahwa Iran dapat mengalami pukulan telak jika melancarkan serangan besar terhadap Israel, The Wall Street Journal melaporkan minggu lalu.

Pasukan Iran “menunggu perintah pemimpin tertinggi, entah untuk bersabar dan bertahan atau untuk merespons,” kata Brigadir Jenderal Asghar Abbas-Gholizadeh, seorang komandan cabang provinsi Korps Garda Revolusi Islam, menurut laporan dari Kantor Berita Mahasiswa Iran yang dikelola pemerintah.

“Di permukaan, sudah terlambat untuk merespons dan membalas dendam, tetapi musuh menanggung banyak tekanan dengan menunggu,” katanya, menurut laporan tersebut.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan kepada Gallant melalui telepon pada hari Minggu bahwa pengerahan pasukan AS memperkuat postur militer AS di Timur Tengah mengingat ketegangan baru-baru ini dan mencerminkan "komitmen untuk mengambil setiap langkah yang mungkin untuk membela Israel."

Sepasang pembunuhan tingkat tinggi di ibu kota Lebanon dan Iran akhir bulan lalu meningkatkan ancaman konflik yang lebih luas setelah 10 bulan perang di Gaza antara Israel dan Hamas, sekutu Iran.

Pertama, serangan udara Israel di Beirut menewaskan seorang pejabat tinggi Hizbullah. Beberapa jam kemudian, Ismail Haniyeh, pemimpin politik Hamas dan wajah kelompok tersebut dalam negosiasi gencatan senjata dengan Israel, tewas dalam serangan di wisma tamu Korps Garda Revolusi Islam di Teheran, tak lama setelah ia menghadiri pelantikan presiden baru Iran.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas