Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mobilnya Diserang Israel, Jenderal Palestina Khalil Al-Maqdah Tewas di Lebanon

Panglima Brigade Syuhada Al-Aqsa, Brigjen Khalil Al-Maqdah, dilaporkan tewas karena serangan Israel di Sidon, Lebanon selatan.

Penulis: Febri Prasetyo
Editor: Sri Juliati
zoom-in Mobilnya Diserang Israel, Jenderal Palestina Khalil Al-Maqdah Tewas di Lebanon
AFP/Jordan Times
Asap mengepul di desa Khiam di Lebanon selatan oleh serangan Israel, Sabtu, 8 Juni 2024. 

TRIBUNNEWS.COM – Panglima Brigade Syuhada Al-Aqsa, Brigjen Khalil Al-Maqdah, dilaporkan tewas karena serangan Israel yang menargetkan sebuah mobil di Sidon, Lebanon selatan, pada hari Rabu, (20/8/2024).

Brigade Syuhada Al-Aqsa adalah sayap militer yang berbasis Tepi Barat dan memiliki hubungan dekat dengan kelompok Fatah.

Menurut Shafaq News, mobil itu sedang berada di dekat kamp Ain Al-Hilweh yang digunakan sebagai tempat mengungsi warga Palestina.




Serangan itu memicu asap tebal yang menutupi area sekitar.

“Layanan darurat, termasuk ambulans, tim pertahanan sipil, dan pasukan keamanan segera tiba di lokasi. Di sana ada jasad yang ditemukan dari sebuah mobil di tengah kerumunan orang," demikian pernyataan Kantor Berita Nasional Lebanon.

Pihak Otoritas Palestina juga mengonfirmasi tewasnya Khalil.

“Serangan israel di Sidon menewaskan pejabat Fatah, Khalil Al-Maqdah,” kata Fathi Abu Al-Aradat, pejabat senior Otoritas Palestina.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Tawfik Tirawi yang menjadi anggota komite pusat Fatah menuding Israel ingin mengobarkan perang besar di Timur Tengah.

“Pembunuhan pejabat Fatah adalah bukti lebih lanjut bahwa Israel ingin memicu perang berskala besar di kawasan ini,” kata Tirawi.

Israel mengaku menargetkan Maqdah karena pejabat itu bekerja sama dengan pihak Iran di Lebanon mengirimkan uang dan senjata ke Tepi Barat.

Dengan mengutip pernyataan sumber militer Lebanon, Xinhua melaporkan bahwa serangan itu dilancarakan dengan pesawat tanpa awak atau drone.

Pesawat itu menembakkan rudal ke sebuah mobil SUV.

Serangan itu terjadi dua pekan setelah serangan udara Israel di Sidon yang menewaskan pejabat Hamas bernama Samer Al-Hajj.

Saudara Khalil Al-Maqdah, Munir Al-Maqdah, mengatakan pembunuhan oleh Israel hanya akan membuat pihaknya makin kuat.

Baca juga: Bukannya Melawan Hamas, Tentara IDF Malah Curi Banyak Senjata di Markas Militer Israel di Gaza

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas