Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Potensial Serang Israel Lewat Kombinasi Serangan Darat dan Laut, Bukan Soal Apa Tapi Kapan

Misi Iran untuk PBB menambahkan kalau Iran akan membalas Israel pada waktu dan cara yang tidak diharapkan oleh Tel Aviv, tak lagi lewat udara.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Iran Potensial Serang Israel Lewat Kombinasi Serangan Darat dan Laut, Bukan Soal Apa Tapi Kapan
SCMP
Iran kini membangun aliansi militer baru dengan mengajak Rusia dan China untuk menghadapi militer Amerika Serikat yang kini makin mengancam negaranya sejak konflik Hamas dan Israel meluas hingga ke Yaman dan Irak. 

Iran Potensial Menyerang Israel Lewat Kombinasi Serangan Darat dan Laut, Masalahnya Bukan Soal Apa Tapi Kapan

TRIBUNNEWS.COM - Misi Tetap Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa menguraikan waktu dan cara pembalasan negara tersebut terhadap pembunuhan mantan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran oleh rezim Israel.

Dijelaskan, pembalasan Iran harus mempunyai dua hasil yang jelas.

"Pertama, Iran harus menghukum agresor atas teror dan pelanggaran kedaulatan nasional Iran. Kedua, hal ini harus memperkuat kekuatan pencegahan Iran dan membawa penyesalan mendalam bagi rezim (Israel) untuk mencegah agresi di masa depan,” kata misi Iran untuk PBB dikutip dari MNA, Kamis (22/8/2024).

Baca juga: Serangan Iran ke Israel Kelamaan, Operasi Intelijen di Tel Aviv Bakal Setara yang Terjadi di Teheran

Selain itu, respons dan pembalasan Iran ke Israel juga harus menghindari kemungkinan dampak negatif terhadap kemungkinan gencatan senjata (Gaza).

Misi Iran untuk PBB menambahkan kalau Iran akan membalas Israel pada waktu dan cara yang tidak diharapkan oleh Tel Aviv.

"Mungkin saat mata mereka tertuju ke langit dan layar radar, mereka terkejut dari luat dan darat, dan mungkin kombinasi keduanya," kata pernyataan itu.

BERITA TERKAIT

Dalam serangan balasan April silam, Iran melancarkan serangan udara besar-besar menggunakan banyak drone dan rudal dalam sebuah operasi langsung ke wilayah pendudukan Israel.

Serangan Iran April lalu itu sebagai tanggapan atas pemboman konsulat negara tersebut di Suriah oleh Israel yang menewaskan seorang penasihat militer senior.

Baca juga: Pakar Israel: Iron Dome Gagal Menghancurkan Satu Pun Rudal Iran

Pasukan Iran
Pasukan Iran (Almayadeen)

Persiapan Sudah Dilakukan

Ismail Haniyeh dan salah satu pengawalnya menjadi martir setelah kediaman mereka menjadi sasaran di Teheran pada 31 Juli, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Korps Garda Revolusi Iran (IRGC).

IRGC mengeluarkan pernyataan yang mengatakan kalau pembunuhan Ismail Haniyeh "dirancang dan dilaksanakan oleh rezim Zionis dan didukung oleh pemerintah kriminal Amerika."

Menanggapi tindakan teror Israel, para pejabat tinggi Iran bersumpah untuk memberikan respons yang tepat terhadap rezim Israel.

Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei mengatakan, "Dengan membunuh Ismail Haniyeh, rezim Israel telah menyiapkan landasan untuk hukuman berat bagi dirinya sendiri."

Sebelumnya pada bulan Agustus, penasihat politik Pemimpin Revolusi Iran, Laksamana Muda Ali Shamkhani melalui platform media sosial X, sebelumnya Twitter, menulis bahwa persiapan telah dilakukan untuk menghukum berat rezim yang hanya memahami bahasa kekerasan.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas