Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Para Prajurit IDF Kelelahan di Gaza, Senjata Macet Saat Tak Sadar Diserbu Hamas di Siang Bolong

Saking kelelahannya, prajurit IDF tak sadar milisi Hamas menyusup ke markas mereka di Netzarim di siang bolong lalu menembak mati satu tentara Israel.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Para Prajurit IDF Kelelahan di Gaza, Senjata Macet Saat Tak Sadar Diserbu Hamas di Siang Bolong
anadolu
Tentara Israel di Gaza kelelahan saat perang berlanjut. Kelelahan ini menyebabkan sejumlah insiden serius bagi pasukan mereka dalam agresi militer di Gaz ayang sudah berlangsung 11 bulan. 

Para Prajurit IDF yang Kelelahan di Gaza, Senjata Macet Saat Tak Sadar Diserbu Hamas di Siang Bolong

TRIBUNNEWS.COM - Serangkaian insiden keselamatan operasional yang serius di Gaza, terjadi di kalangan pasukan Tentara Israel (IDF), lapor media Israel Ynet dan Yedioth Ahronoth, Selasa (27/8/2024).

Rangkaian error itu termasuk satu insiden yang menewaskan seorang prajurit IDF.




"Serangkaian kecelakaan yang dialami pasukan IDF dari divisi reserve (cadangan) ini telah meningkatkan tantangan bagi para prajurit cadangan IDF, yang menyoroti kegagalan fungsi peralatan dan keberanian para pejuang Hamas," tulis laporan media Israel tersebut.

Baca juga: Terowongan Palsu Buatan Tentara Israel Diledakkan Al Qassam, IDF Putus Asa Hadapi Taktik Perlawanan

Media Israel tersebut memberikan narasi kalau di bawah bayang-bayang kelelahan yang tak henti-hentinya pada pasukan IDF dan pertempuran yang melelahkan dan berlarut-larut yang dihadapi oleh para prajurit cadangan IDF selama hampir setahun, serangkaian insiden keselamatan operasional baru-baru ini terjadi di Jalur Gaza.

"Dalam beberapa hari terakhir, tiga kecelakaan keselamatan yang serius telah terjadi di antara batalion cadangan IDF yang aktif di daerah tersebut, salah satunya terjadi selama konfrontasi sengit dengan para milisi Palestina di sebuah pos terdepan di koridor Netzarim yang menyebabkan Sersan Mayor Yaniv Yitzhak Oren, seorang prajurit cadangan IDF, terbunuh," tulis media tersebut.

Baca juga: Qassam Hancurkan 4 Tank Merkava dan Ledakkan IDF di Terowongan, Quds Serang Markas IDF di Netzarim

Pasukan Israel mengevakuasi rekan mereka yang roboh dalam pertempuran. Memasuki bukan ke-11 agresi militer di Gaza, IDF mengalami kerugian personel dalam jumlah signifikan.
Pasukan Israel mengevakuasi rekan mereka yang roboh dalam pertempuran. Memasuki bukan ke-11 agresi militer di Gaza, IDF mengalami kerugian personel dalam jumlah signifikan. (MNA/Tangkap Layar)

Disusupi Saat Siang Bolong, Senjata Macet

Dari rincian awal investigasi atas peristiwa kecelakaan operasional yang menewaskan Orentersebut, terungkap kalau satu regu yang terdiri dari empat milisi Hamas berhasil menyusup ke area di bawah kendali operasional IDF di Gaza utara.

BERITA TERKAIT

Hal yang menarik, penyusupan ini terjadi pada siang bolong pada Jumat (23/8/2024). Kelelahan bertempur rupanya menguras kesiagaan pasukan IDF hingga tidak menyadari penyusupan tersebut.

"Milisi Perlawanan Palestina kemudian melepaskan tembakan ke Oren, yang ditempatkan di pos jaga; meskipun terluka, ia membalas tembakan, menewaskan salah satu penyerang, sebelum akhirnya (Oren) meninggal karena luka-lukanya," tulis media Israel tersebut.

Rekan-rekan prajurit IDF dari peleton di mana Oren bertugas itu berlari dari pos terdepan ke posisinya, menyerang dan menghabisi dua milisi lainnya dalam pertempuran itu.

Milisi keempat melarikan diri tetapi kemudian tewas oleh IDF dengan bantuan jet tempur Angkatan Udara Israel.

"Selama penyerangan itu, setidaknya satu senjata prajurit IDF meledak (saat ditembakkan), kemungkinan karena tanah yang menumpuk," kata laporan tersebut.

Menurut kesaksian, prajurit lain dalam pasukan IDF itu juga mengalami kemacetan senjata yang berbahaya.

Akibatnya, para prajurit cadangan IDF diinstruksikan untuk menjaga kebersihan senjata mereka setiap hari.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas