Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mustaribeen, Unit Rahasia Elite Israel yang Menyamar Jadi Orang Arab di Agresi Militer di Tepi Barat

para personel unit khusus ini  berpakaian seperti warga Palestina, berbicara dengan aksen dan ekspresi yang sama, serta menunjukkan tingkah laku sama

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Mustaribeen, Unit Rahasia Elite Israel yang Menyamar Jadi Orang Arab di Agresi Militer di Tepi Barat
tangkap layar Al Jazeera/kredit foto: Goran Tomasevic/Reuters
Agen keamanan Israel dari Mustaribeen yang menyamar menahan seorang pengunjuk rasa Palestina di dekat kota Ramallah di Tepi Barat. 

Mustaribeen, Unit Rahasia Elite Israel yang Menyamar Jadi Orang Arab di Agresi Militer di Tepi Barat 

TRIBUNNEWS.COM - Surat kabar Yedioth Ahronoth melaporkan kalau Israel mengerahkan pasukan Shin Bet (Badan Keamanan Nasional) dan Mustaribeen (Musta'rab) dalam operasi militer besar-besaran di Tepi Barat bagian utara, Rabu (28/8/2024).

Kedua badan keamanan Israel itu bergabung dengan tentara Israel (IDF) dan Angkatan Udara Israel (IAF) dalam operasi tersebut.

Baca juga: Penyerbuan Besar-besaran Israel di Tepi Barat: Bawa Buldoser Militer, Jenin Sampai Ramallah Membara




"Israel juga menggunakan helikopter dan pesawat tempur dalam operasinya di Tepi Barat bagian utara," tulis laporan tersebut, Rabu (28/8/2024) dikutip Khaberni.

Pelibatan Mustaribeen mengindikasikan kalau agresi militer Israel di Tepi Barat ini juga adalah operasi intelijen.

Sebagai informasi, Musta'ribeen adalah unit rahasia elite Israel yang menyamar sebagai orang Arab atau Palestina.

Dilansir Al Jazeera, para personel unit khusus ini  berpakaian seperti warga Palestina, berbicara dengan aksen dan ekspresi yang sama, serta menunjukkan tingkah laku yang sama.

BERITA TERKAIT

Dalam sejumlah peristiwa aksi demonstrasi, Israel menyusupkan Musta'ribeen ke massa demonstran Palestina.

Wajah mereka ditutupi keffiyeh atau balaclava kotak-kotak, mereka bernyanyi menentang tentara Israel dan terkadang melemparkan batu ke arah tentara IDF, sambil menarik pengunjuk rasa lain saat mereka semakin dekat dengan tentara.

Kemudian, secara sangat cepat, adegan tersebut terjadi, kelompok ini tiba-tiba menyerang para pengunjuk rasa Palestina lainnya, mengacungkan senjata yang disembunyikan di balik baju mereka, melepaskan tembakan ke udara, menangkap orang-orang terdekat mereka dan menghempaskan mereka ke tanah.

Tentara maju dan menahan warga Palestina yang tertangkap, sementara pengunjuk rasa lainnya bubar, meneriakkan satu kata sebagai peringatan kepada yang lain: “ Musta'ribeen !”

Agen keamanan Israel dari Mustaribeen
Agen keamanan Israel dari Mustaribeen yang menyamar menahan seorang pengunjuk rasa Palestina di dekat kota Ramallah di Tepi Barat.

Menyamar Sebagai Orang Arab

Musta'ribeen , atau mista'arvim dalam bahasa Ibrani, adalah kata yang berasal dari bahasa Arab “musta'rib”, atau kata yang dikhususkan pada bahasa dan budaya Arab.

Dalam istilah keamanan Israel, kata tersebut menunjukkan pasukan keamanan yang menyamar sebagai orang Arab dan menjalankan misi di jantung masyarakat Palestina atau negara Arab lainnya.

Para agen tersebut diberikan pelatihan yang ketat, dan dalam operasi yang menyangkut wilayah pendudukan, mereka diajarkan untuk berpikir dan bertindak seperti orang Palestina.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas