Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tentara Israel Temukan Tawanan di Gaza Selatan, Tawanan Kemungkinan Dibebaskan Brigade Al Qassam

Analis Palestina Hani al-Dali mengatakan kepada media pada hari Selasa bahwa tahanan Israel tersebut 'kemungkinan dibebaskan Brigade Qassam

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Tentara Israel Temukan Tawanan di Gaza Selatan, Tawanan Kemungkinan Dibebaskan Brigade Al Qassam
Kantor Perdana Menteri Israel / AFP
Gambar selebaran yang disediakan oleh kantor Perdana Menteri Israel pada 27 Agustus 2024, menunjukkan sandera Israel yang dibebaskan, Kaid Alkadi, sedang berbicara dengan kerabat dan teman-temannya setelah tiba untuk pemeriksaan di Pusat Medis Soroka di Beersheba. Militer Israel mengatakan pasukannya menyelamatkan seorang sandera Israel di Gaza selatan pada 27 Agustus setelah "operasi rumit" karena perang antara Israel dan Hamas, yang kini telah berlangsung selama 11 bulan, tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Kantor Perdana Menteri Israel / AFP 

Tentara Israel Temukan Tawanan di Gaza Selatan, Tawanan Kemungkinan Dibebaskan oleh Brigade Qassam

TRIBUNNEWS.COM- Tentara Israel temukan tawanan di Gaza selatan setelah 'operasi rumit'.

Analis Palestina Hani al-Dali mengatakan kepada media pada hari Selasa bahwa tahanan Israel tersebut 'kemungkinan dibebaskan' oleh pejuang Brigade Qassam.




Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan pada tanggal 27 Agustus bahwa mereka menyelamatkan salah satu tawanannya dalam sebuah “operasi kompleks” di Gaza hari itu.

Qaid Farhan al-Qadi, warga negara Arab Badui berusia 52 tahun berkewarganegaraan Israel, “diselamatkan oleh pejuang IDF dari Unit Armada ke-13, Brigade ke-401, Yalam, dan pejuang Shin Bet, di bawah komando Divisi 162, dalam operasi penyelamatan yang kompleks di Jalur Gaza selatan,” bunyi pernyataan itu.

“Di luar itu, tidak mungkin untuk menentukannya karena masalah keamanan orang-orang yang kami culik, keamanan pasukan kami, dan keamanan negara,” imbuhnya.

Militer mengatakan kondisi medisnya baik dan ia dipindahkan ke rumah sakit untuk menjalani tes.

BERITA TERKAIT

Menurut surat kabar Ibrani Haaretz , Qadi berhasil melarikan diri dari penahanan Hamas di salah satu terowongan sebelum ditemukan dan diselamatkan oleh pasukan Israel.

Analis Palestina Hani al-Dali, yang dekat dengan kelompok perlawanan di Gaza, mengatakan kepada Al Mayadeen pada tanggal 27 Agustus bahwa “tawanan Israel ini adalah seorang Badui Arab yang sebelumnya telah ditawarkan untuk dibebaskan oleh kelompok perlawanan, namun [Israel] menolaknya.”

"Kami tidak tahu keadaan para penculiknya atau kemampuan mereka untuk menjaganya, jadi kemungkinan besar dia dilepaskan," imbuhnya. Jika benar, ini bukan pertama kalinya seorang tawanan dibebaskan atas kemauan sendiri.

“Mengenai kembalinya tahanan Farhan, menjadi jelas bahwa dia sendirian di dalam terowongan, dan tidak ada tahanan atau penjaga lain di sekitarnya, dan misi tersebut awalnya tidak dilakukan dengan tujuan menyelamatkannya,” lapor radio militer Israel.

Jurnalis Palestina Hassan Asleih mengutip sumber yang mengatakan bahwa tampaknya tidak ada bentrokan sebelum tawanan ditemukan.

Seorang wanita Israel dan dua anak yang ditawan dari Kibbutz Holit dibebaskan oleh pejuang Brigade Qassam pada 7 Oktober dan diambil oleh pasukan Israel.

Media Israel mengatakan dia melarikan diri, tetapi Al Jazeera menunjukkan rekaman saat para pejuang melepaskan mereka.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas