Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siapa Faris Qasim, Tokoh Hizbullah yang Dikabarkan Tewas Dalam Serangan Israel di Suriah

Israel mengerahkan serangan ke wilayah Tepi Barat Palestina dan Lebanon sekaligus pada Rabu (28/8/2024).

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Siapa Faris Qasim, Tokoh Hizbullah yang Dikabarkan Tewas Dalam Serangan Israel di Suriah
The Jerusalem Post
Penembakan Israel di wilayah perbatasan Surian dan Lebanon yang menewaskan tokoh Hizbullah Faris Qasim 

TRIBUNNEWS.COM -- Israel mengerahkan serangan ke wilayah Tepi Barat Palestina dan Lebanon sekaligus pada Rabu (28/8/2024). Akibatnya belasan pejuang meninggal dunia.

Serangan pesawat nirawak Israel terhadap sebuah mobil yang melintasi pos pemeriksaan Suriah di dekat perbatasan dengan Lebanon pada hari Rabu menewaskan tiga pejuang Palestina dan satu anggota kelompok bersenjata Lebanon, Hizbullah, dua sumber keamanan mengatakan kepada Reuters.

Militer Israel mengatakan serangan itu menewaskan seorang tokoh Hizbullah, Faris Qasim.

Baca juga: 5000 Tentara Israel Terluka dalam Pertempuran Lawan Hizbullah, Direktur RS: Jumlah yang Sangat Besar




Qasim disebut-sebut adalah tokoh penting dalam divisi operasi kelompok militan yang didukung Iran, Jihad Islam, yang bertanggung jawab atas rencana operasional di Suriah dan Lebanon.

Dikatakan bahwa ia memiliki peran utama dalam merekrut warga Palestina ke Hizbullah untuk menyerang Israel dari Lebanon.

The Jerusalem Post mengabarkan, Qasim tergabung dalam Divisi Operasional organisasi tersebut, bertanggung jawab atas kemajuan rencana operasionalnya di Suriah dan Lebanon serta untuk memasukkan Palestina ke dalam jajaran Hizbullah.

Serangan pesawat tak berawak Israel terhadap sebuah mobil yang melintasi pos pemeriksaan Suriah di dekat perbatasan dengan Lebanon pada hari Rabu menewaskan tiga anggota Jihad Islam Palestina dan satu anggota kelompok Lebanon Hizbullah, Reuters melaporkan sebelumnya, mengutip sumber.

BERITA TERKAIT

Militan Jihad Islam lainnya yang sedang dalam perjalanan dari Suriah ke Lebanon juga tewas dalam serangan itu, katanya, tanpa memberikan rincian.

Sumber keamanan mengatakan mobil itu tidak mengangkut senjata. Tidak ada komentar langsung dari Hizbullah atau dari gerakan Jihad Islam Palestina, yang menurut salah satu sumber merupakan anggota ketiga pejuang Palestina tersebut.

Baca juga: Rekor 5.650 Tentara Israel Terluka karena Hizbullah, Direktur RS: Kami 11 Bulan Hidup di Bawah Tanah

Al Arabiya mengabarkan, pejabat lokal Suriah, Abdo al-Taqi, mengatakan kepada stasiun radio Suriah bahwa sebuah mobil menjadi sasaran pada Rabu pagi di jalan antara ibu kota Suriah, Damaskus, dan ibu kota Lebanon, Beirut, dan empat orang tewas.

Hizbullah, Jihad Islam, dan faksi bersenjata lainnya telah meluncurkan roket dan pesawat nirawak ke Israel dari Lebanon selatan.

Kelompok-kelompok tersebut memiliki hubungan yang kuat dengan Iran dan pemerintah Suriah serta telah mengangkut para pejuang dan senjata melalui perbatasan Suriah-Lebanon yang keropos.

Israel belum mengomentari insiden tersebut. Meskipun bertanggung jawab atas serangan yang dilakukannya di Lebanon, Israel hampir tidak pernah melakukan hal yang sama untuk serangan yang dituduhkan dilakukannya di Suriah.

Israel telah menargetkan pengiriman senjata dan infrastruktur militer lainnya di Suriah selama bertahun-tahun dan telah meningkatkan serangannya di sana sejak Oktober, ketika perang Gaza dimulai.

Tiga pejuang Hizbullah yang dikabarkan tewas dalam serangan Israel di perbatasan Suriah=Lebanon
Tiga pejuang Hizbullah yang dikabarkan tewas dalam serangan Israel di perbatasan Suriah=Lebanon

Serangan di Tepi Barat

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas