Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Uni Eropa Incar Dua Menteri Ekstremis Israel, Bezalel Smotrich dan Itamar Ben Gvir Dibidik Sanksi

Bidikan ini menyasar sejumlah menteri Israel kelompok ekstrem kanan yang menyerukan hasutan kejahatan perang bagi IDF dalam operasi di Gaza-Tepi Barat

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Uni Eropa Incar Dua Menteri Ekstremis Israel, Bezalel Smotrich dan Itamar Ben Gvir Dibidik Sanksi
khaberni
Dua menteri kabinet Israel pimpinan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Menteri Keuangan Bezalel Smotrich (kanan) dan Menteri Keamanan Dalam Negeri, Itamar Ben-Gvir. 

Uni Eropa Incar Dua Menteri Ekstremis Israel, Bezalel Smotrich dan Itamar Ben Gvir Dibidik Sanksi

TRIBUNNEWS.COM - Uni Eropa dilaporkan berencana menjatuhkan sanksi terhadap sejumlah menteri kabinet pemerintahan Israel yang dipimpin Benjamin Netanyahu.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell mengumumkan pada Kamis (29/8/2024) kalau dia telah memulai proses untuk bertanya kepada negara-negara anggota UE apakah mereka ingin menjatuhkan sanksi terhadap “beberapa menteri Israel”.




Wacana pemberian sanksi ini, khususnya menyasar sejumlah menteri Israel dari kelompok ekstrem kanan yang menyerukan hasutan kejahatan perang bagi IDF dalam operasinya di Gaza dan Tepi Barat. 

Baca juga: Tepi Barat Jadi Gaza Part 2, IDF Ultimatum Warga Tulkarm untuk Pergi dalam 4 Jam, Mau Serbu RS Jenin

Borrell mengatakan itu dalam pernyataannya kepada wartawan sebelum pertemuan dengan para menteri luar negeri Uni Eropa di Brussels.

“Saya memulai prosedur untuk bertanya kepada negara-negara anggota apakah mereka yakin pantas untuk memasukkan ke dalam daftar sanksi kami beberapa menteri Israel yang mengirimkan pesan kebencian yang tidak dapat diterima terhadap Palestina dan mengemukakan gagasan-gagasan yang jelas-jelas bertentangan dengan hukum Internasional," kata Borrell.

Borrell, dalam sebuah postingan di platform X, pada 12 Agustus, menyerukan penerapan sanksi terhadap tokoh ekstremis macam Bezalel Smotrich dan Itamar Ben Gvir.

BERITA TERKAIT

Borrell mengatakan dalam postingannya: “Ketika dunia mendesak gencatan senjata di Gaza, Ben Gvir menyerukan penghentian bahan bakar dan bantuan kepada warga sipil.”

Dia menambahkan: "Seperti halnya pernyataan Menteri Keuangan Israel Smotrich, ini merupakan hasutan untuk melakukan kejahatan perang, dan sanksi harus menjadi agenda utama Uni Eropa."

Pemukim Yahudi Israel dibantu militer IDF menyerang warga Palestina di Kota Huwwara, Tepi Barat, pada 12 Oktober 2022. IDF diam-diam menyerahkan kewenangan kendali Tepi Barat ke lembaga administrasi sipil di bawah tokoh ekstemis sayap kanan ultranasionalis Bezalel Smootrich yang dinilai sebagai langkah nyata aneksasi Tepi Barat menjadi pendudukan Israel sepenuhnya.
Pemukim Yahudi Israel dibantu militer IDF menyerang warga Palestina di Kota Huwwara, Tepi Barat, pada 12 Oktober 2022. IDF diam-diam menyerahkan kewenangan kendali Tepi Barat ke lembaga administrasi sipil di bawah tokoh ekstemis sayap kanan ultranasionalis Bezalel Smootrich yang dinilai sebagai langkah nyata aneksasi Tepi Barat menjadi pendudukan Israel sepenuhnya. (AFP/Khaberni)

AS Beri Sanksi Baru ke Pemukim Yahudi Israel

Amerika Serikat mengumumkan sanksi baru terhadap pemukim Israel di Tepi Barat atas kekerasan terhadap warga Palestina, Rabu (28/8/2024).

Mengutip France24, sanksi ini diumumkan pada hari yang sama ketika Israel melancarkan serangan berskala besar di Tepi Barat.

9 pejuang Palestina tewas karena serangan itu.

"Kekerasan pemukim ekstremis di Tepi Barat menyebabkan penderitaan manusia yang parah, membahayakan keamanan Israel, dan merusak prospek perdamaian dan stabilitas di kawasan tersebut," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller dalam sebuah pernyataan.

"Sangat penting bagi pemerintah Israel untuk meminta pertanggungjawaban setiap individu dan entitas yang bertanggung jawab atas kekerasan terhadap warga sipil di Tepi Barat," katanya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas