Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Putin Plesir ke Negara Anggota ICC, Sesumbar Tak Bakal Diringkus Meski Ada Perintah Penangkapan

Presiden Putin dalam pada tanggal 3 September berencana melakukan kunjungan ke Mongolia, negara anggota Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Putin Plesir ke Negara Anggota ICC, Sesumbar Tak Bakal Diringkus Meski Ada Perintah Penangkapan
Valery Sharifulin / TASS
Putin akan mengunjungi Mongolia meskipun negara itu merupakan anggota ICC, yang mengeluarkan surat perintah penangkapannya tahun lalu. Kunjungan digelar 3 September untuk membahas hubungan bilateral dan bertukar pandangan tentang isu-isu internasional dan regional terkini. 

TRIBUNNEWS.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin dalam waktu dekat berencana melakukan kunjungan ke Mongolia, negara anggota Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

Kunjungan itu diungkap oleh juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Jumat (30/8/2024).

Dalam laporannya Peskov menjelaskan bahwa Putin akan mengunjungi Mongolia meskipun negara itu merupakan anggota ICC, yang mengeluarkan surat perintah penangkapannya tahun lalu.




Kunjungan yang dijadwalkan pada 3 September itu digelar atas undangan Presiden Mongolia Ukhnaa Khurelsukh.

Dikatakan bahwa Putin dan Presiden Mongolia Ukhnaa Khurelsukh kabarnya akan menggelar tatap muka untuk membahas hubungan bilateral dan bertukar pandangan tentang isu-isu internasional dan regional terkini.

“Putin akan mengadakan pembicaraan dengan Khurelsukh dan pejabat tinggi Mongolia lainnya, dalam acara seremonial yang didedikasikan untuk peringatan 85 tahun kemenangan bersama angkatan bersenjata Soviet dan Mongolia atas militeris Jepang di Sungai Khalkhin Gol,” jelas Peskov, dikutip Al Jazeera.

Perjalanan ini menjadi yang pertama dilakukan Putin ke negara anggota ICC sejak pengadilan yang berpusat di Den Haag mengeluarkan surat perintah penangkapan pada Maret 2023.

Mongolia Janji Tak Akan Tangkap putin

BERITA TERKAIT

Meski Mongolia masuk kedalam daftar anggota negara ICC, namun , Mongolia disebut-sebut telah membuat kesepakatan untuk tidak menangkap Putin.

Alasan itu yang mendorong Putin setuju datang ke Mongolia sesuai permintaan Presiden Ukhnaa Khurelsukh.

Baca juga: Putin Ngamuk, Serangan Besar-besaran Dilanjutkan Selasa Pagi, Ukraina Makin Hancur

"Tidak ada kekhawatiran, kami telah melakukan dialog yang baik dengan sahabat-sahabat kami dari Mongolia," tegas juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

“Kami memiliki dialog yang luar biasa dengan teman-teman kami dari Mongolia,” imbuh Peskov.

Untuk menjamin keamanan Putin selama lawatan, Peskov mengatakan seluruh aspek dari rencana kunjungan Putin telah dipersiapkan dengan cermat.

Hal ini dilakukan lantaran sejak Rusia meluncurkan serangan ke Ukraina pada 2022, Putin belum melakukan perjalanan ke negara-negara anggota ICC.

Pada KTT BRICS ke-115 di Johannesburg, Putin bahkan batal datang ke Afrika Selatan (Afsel) selaku tuan rumah. Lantaran Afsel merupakan negara penandatangan Perjanjian Roma ICC.

ICC Perintahkan Tangkap Putin

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas