Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan AS ke Israel: Angkatan Laut AS Tidak Bisa Terus-terusan Melindungi Israel Selamanya

Peringatan ini muncul saat militer AS bersiap menghadapi kegagalan negosiasi gencatan senjata Gaza antara Hamas dan Israel.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Peringatan AS ke Israel: Angkatan Laut AS Tidak Bisa Terus-terusan Melindungi Israel Selamanya
khaberni/HO
Carrier Strike Group (Kapal Induk) USS Abraham Lincoln berangkat menuju ke Timur Tengah. Amerika Serikat (AS) memenuhi janjinya untuk membantu Israel dalam menghadapi Iran dan proksi milisinya yang bersiap membalas kematian pemimpin Hamas dan Hizbullah yang dibunuh Tel Aviv. 

Peringatan AS ke Israel: Angkatan Laut AS Tidak Bisa Terus-terusan Melindungi Israel Selamanya

TRIBUNNEWS.COM- Angkatan Laut AS tidak dapat terus melindungi Israel 'selamanya', peringata dari Washington untuk Israel.

Peringatan ini muncul saat militer AS bersiap menghadapi kegagalan negosiasi gencatan senjata Gaza antara Hamas dan Israel.




Washington telah memperingatkan Tel Aviv bahwa pasukan angkatan laut AS tidak dapat dikerahkan tanpa batas waktu ke kawasan Asia Barat untuk melindungi Israel, Channel 13 melaporkan pada tanggal 6 September, di tengah berlanjutnya ketakutan akan meluasnya perang antara Israel dan Hizbullah di Lebanon.

Saluran berita Israel melaporkan sebuah pesan telah dikirim ke Israel bahwa ketegangan dengan Hizbullah dan Iran perlu dikurangi pada tahap tertentu karena “kapal induk [AS] tidak akan dapat tinggal di wilayah tersebut selamanya.”

Ketakutan akan perang regional berskala penuh meningkat setelah Israel membunuh komandan tinggi Hizbullah Fuad Shukr di Beirut dan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada akhir Juli.

Hizbullah membalas pembunuhan itu sebagian dengan meluncurkan serangan rudal dan pesawat tak berawak berskala besar terhadap sasaran di Israel utara pada tanggal 25 Agustus.

BERITA TERKAIT

Keesokan harinya, Departemen Pertahanan AS mengatakan penempatan dua kelompok penyerang kapal induk AS di Asia Barat telah diperpanjang .

Dalam pengumuman keputusan tersebut, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menekankan komitmen teguh AS untuk mendukung Israel melawan ancaman dari Iran dan Hizbullah.

Kapal induk Theodore Roosevelt telah tiba di wilayah tersebut pada awal Juli, sementara kapal induk Abraham Lincoln tiba pada pertengahan Agustus.

Theodore Roosevelt menggantikan kapal induk Dwight D Eisenhower setelah penempatannya di wilayah tersebut diperpanjang berulang kali awal musim panas ini.

Iran belum melakukan pembalasan atas pembunuhan pejabat Hamas Haniyeh di Teheran di tengah negosiasi yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas untuk gencatan senjata Gaza dan pertukaran tahanan.

Negosiasi terus terhenti karena upaya Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk memblokir kesepakatan gencatan senjata. Netanyahu terus bersikeras bahwa pasukan Israel tetap menduduki koridor Philadelphia di perbatasan Gaza-Mesir dalam jangka panjang dan berhak melanjutkan perang setelah pertukaran tahanan.

Pada hari Jumat, Financial Times (FT) melaporkan bahwa militer AS sedang bersiap menghadapi kemungkinan gagalnya perundingan.

Jenderal CQ Brown, ketua Kepala Staf Gabungan AS, menyatakan bahwa “[Saya] berpikir tentang … [jika] perundingan terhenti atau berhenti total, bagaimana hal itu berdampak pada ketegangan di kawasan tersebut dan hal-hal yang perlu kita lakukan untuk bersiap jika hal itu berubah.”

Jenderal Brown mengatakan bahwa ia sedang mempertimbangkan bagaimana para pelaku regional akan menanggapi kegagalan perundingan “dan apakah mereka akan meningkatkan jenis aktivitas apa pun, yang berpotensi mengarah pada salah perhitungan dan menyebabkan … konflik meluas.”

Karena tidak ada kesepakatan antara Israel dan Hamas, keluarga tentara dengan kewarganegaraan ganda Israel-AS yang ditahan Hamas telah mendesak Gedung Putih untuk mempertimbangkan secara serius untuk membuat kesepakatan sepihak dengan gerakan perlawanan Palestina guna memperoleh pembebasan mereka.

Opsi tersebut saat ini sedang dibahas di antara pejabat Gedung Putih, menurut lima orang yang mengetahui pembicaraan tersebut dan berbicara dengan NBC News.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas