Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Eygi, Aktivis Turki-AS yang Ditembak Mati Sniper Israel Baru Lulus Kuliah di Universitas Washington

Kementerian luar negeri Turki mengatakan Eygi ditembak tepat di kepala saat demo berlangsung dan menyalahkan Israel atas peristiwa tersebut.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Eygi, Aktivis Turki-AS yang Ditembak Mati Sniper Israel Baru Lulus Kuliah di Universitas Washington
Karen Ducey/The Seattle Times.
Para demonstran mengusung foto Aysenur Ezgi Eygi, aktivis keturunan Turki-Amerika yang ditembak mati sniper tentara Israel saat aksi unjuk rasa di Tepi Barat, Jumat, 6 September 2024. Aksi para demonstran ini digelar di Westlake Park di Kota Seattle hari Sabtu, 7 September 2024 menuntut Israel mengakhiri kekerasan di Gaza. 

TRIBUNNEWS.COM, RAMALLAH - Aktivis keturunan Turki-Amerika yang ikut dalam protes menentang perluasan pemukiman Israel di Tepi Barat dan ditembak mati tepat pada kepalanya oleh tentara Israel hari Jumat lalu sehari-harinya merupakan lulusan Universitas Washington di Seattle.

Pembunuhan Eygi oleh sniper IDF memicu gelombang unjuk rasa di Kota Seattle.

Gedung Putih menyatakan sangat terganggu dengan kematian Aysenur Ezgi Eygi dan meminta Israel untuk menyelidikinya.




Kementerian luar negeri Turki mengatakan Eygi ditembak tepat di kepala saat demo berlangsung dan menyalahkan pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu atas kematiannya.

Para pejabat Palestina menyatakan, Eygi merupakan aktivis muda berusia 26 tahun dari Seattle, Amerika Serikat, yang memiliki kewarganegaraan AS dan Turki.

Eygi baru saja lulus dari Universitas Washington di Seattle, kata rektor di universitas tersebut, Ana Mari Cauce, dalam sebuah pernyataan.

Aysenur Ezgi Eygi, aktivis Turki-Amerika yang ditembak mati tentara Israel menyatakan, Eygi tewas terbunuh oleh peluru penembak jitu Israel tepat mengenai bagian kepalanya.
Aysenur Ezgi Eygi, aktivis Turki-Amerika yang ditembak mati tentara Israel menyatakan, Eygi tewas terbunuh oleh peluru penembak jitu Israel tepat mengenai bagian kepalanya. (Reuters/NDTV)

Dia menggambarkan berita kematian Eygi sebagai hal yang "mengerikan" dan mengatakan bahwa Eygi memiliki "pengaruh positif" pada siswa lain.

BERITA TERKAIT

Dia belajar psikologi serta bahasa dan budaya Timur Tengah di universitas tersebut, kata keluarganya dalam sebuah pernyataan pada Jumat malam yang dibagikan oleh organisasi pro-Palestina, Institute of Middle East Understanding.

Militer Israel mengatakan pasukannya telah menembak ke arah seorang laki-laki yang menjadi "penghasut utama" yang memberikan ancaman dengan melemparkan batu ke arah tentara.

Pihak militer sedang menyelidiki laporan bahwa seorang perempuan warga negara asing "tewas akibat tembakan di daerah tersebut. Rincian insiden dan keadaan di mana dia ditembak sedang ditinjau."

Belum ada komentar langsung dari Benjamin Netanyahu mengenai insiden tersebut.

Fouad Nafaa, kepala Rumah Sakit Rafidia di Nablus, mengatakan kepada Reuters bahwa Eygi tiba di sana dalam kondisi kritis dengan cedera kepala serius.

“Kami mencoba melakukan operasi resusitasi padanya, namun sayangnya dia meninggal,” katanya.

Baca juga: Hasil Otopsi: Aktivis Turki-Amerika Aysenur Ezgi Eygi Tewas oleh Tembakan Sniper Israel ke Kepala

Kantor berita resmi Otoritas Palestina, WAFA, mengatakan insiden itu terjadi selama unjuk rasa rutin yang dilakukan para aktivis di Beita, sebuah desa dekat Nablus yang sering dilanda serangan berulang kali terhadap warga Palestina oleh pemukim Yahudi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas