Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bagaimana Cara Iran Mengirim Rudal Fateh ke Rusia di Tengah Blokade AS, via Laut Kaspia atau Suriah?

Bagaimana Iran bisa mengirim puluhan atau mungkin ratusan rudal balistik yang berukuran besar ke Rusia, di tengah blokade ketat Amerika Cs?

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Bagaimana Cara Iran Mengirim Rudal Fateh ke Rusia di Tengah Blokade AS, via Laut Kaspia atau Suriah?
Tasnim
Rudal-rudal Fateh Iran. Bagaimana Teheran bisa mengirimkan senjata berukuran besar ini ke Rusia di tengah pengawasan ketat Amerika Serikat? 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Amerika Serikat menyatakan bahwa Rusia telah menerima pasokan rudal balistik Fateh-360 dari Iran untuk digunakan dalam perang di Ukraina.

Jika pernyataan ini benar, muncul pertanyaan, bagaimana Iran bisa mengirim puluhan atau mungkin ratusan rudal balistik yang berukuran besar ke Rusia, di tengah blokade dan pengawasan ketat Amerika Cs?

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menuding Iran memasok rudal balistik jarak pendek ke Rusia. Ia sekaligus juga mengumumkan sanksi baru terhadap Teheran.




“Pasokan rudal Iran memungkinkan Rusia untuk menggunakan lebih banyak persenjataannya untuk target yang jauh dari garis depan," kata Blinken.

Pengamat internasional menilai hanya masalah waktu sebelum rudal-rudal ini beraksi, dan para peneliti di lapangan, khususnya warga Ukraina akan memverifikasi komponen dan asal-usulnya.

Namun, yang menarik adalah soal bagaimana cara pengiriman dan rute apa yang dipilih untuk memasok rudal balistik dari Iran ke Rusia.

Aspek ini sangat menarik mengingat Iran dan Rusia tidak berbagi perbatasan darat, tetapi memiliki batas laut melalui Laut Kaspia.

Berikut tiga opsi yang mungkin dilakukan Iran untuk mengirim rudal, seperti kami kutip dari situs militer Bulgaria.

BERITA TERKAIT

Rute darat melalui Azerbaijan

Rute darat melalui Azerbaijan memiliki serangkaian tantangan logistik tersendiri.

Penyeberangan perbatasan antara Iran dan Azerbaijan berada di bawah pengawasan terus-menerus, yang diperparah oleh ketegangan geopolitik.

Lalu lintas yang tidak biasa atau pergerakan kargo yang signifikan kemungkinan akan menarik perhatian, yang menyebabkan peningkatan pengawasan dari bea cukai dan pasukan keamanan.

Selain itu, infrastruktur dan jaringan transportasi yang terbatas di wilayah perbatasan tertentu dapat menjadi masalah untuk memindahkan sistem rudal besar.

Kepentingan strategis dan hubungan Azerbaijan sendiri, khususnya dengan negara-negara Barat, menambah lapisan kompleksitas lainnya.

Kerja sama dengan Iran dapat mengundang reaksi keras dari sekutu seperti Amerika Serikat dan Israel.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas