Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ukraina Kehilangan Aset Strategis dalam 24 Jam Terakhir, Tiga Pesawat Tempur Rontok Dirudal Rusia

Insiden ini terjadi selama pertempuran udara dan dibanjiri oleh sistem pertahanan udara antara akhir 14 September dan sepanjang 15 September.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Ukraina Kehilangan Aset Strategis dalam 24 Jam Terakhir, Tiga Pesawat Tempur Rontok Dirudal Rusia
Vitaliy Timkiv/Sputnik
Pesawat jet Sukhoi. Hanya dalam waktu 24 jam, Ukraina mengalami kerugian signifikan pada angkatan udara. 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Hanya dalam waktu 24 jam, Ukraina mengalami kerugian signifikan pada angkatan udara.

Dua jet tempur Su-27 dan satu MiG-29 mereka ditembak jatuh.

Menurut siaran pers dari Kementerian Pertahanan Rusia, insiden ini terjadi selama pertempuran udara dan dibanjiri oleh sistem pertahanan udara antara akhir 14 September dan sepanjang 15 September.




Kementerian itu mengatakan dua jet tempur Sukhoi Su-27 yang dioperasikan oleh pasukan Kyiv dihancurkan oleh Pasukan Dirgantara Rusia, sementara pertahanan udara Rusia telah menembak jatuh sebuah jet tempur Mikoyan MiG-29 Kyiv.

Selama periode yang sama, pertahanan udara Rusia juga mencegat roket HIMARS buatan Amerika Serikat, empat bom berpemandu Hammer buatan Prancis, dan 55 pesawat nirawak Ukraina.

Seperti diketahui, baik pesawat tempur berat Su-27 maupun pesawat tempur medium MiG-29 dikembangkan oleh Uni Soviet, meniru strategi campuran tinggi-rendah dari pesawat tempur F-15 dan F-16 AS.

Su-27 memiliki jangkauan yang lebih jauh, radar yang lebih besar, dan kinerja keseluruhan yang lebih unggul sebagai pesawat tempur superioritas udara.

BERITA TERKAIT

Pada tahun 1990-an, pengujian Barat menunjukkan bahwa Su-27 dan MiG-29 mengungguli pesawat tempur AS, dengan Su-27 sering dipuji sebagai pesawat tempur udara-ke-udara terbaik di dunia memasuki abad ke-21.

Namun, keunggulan Su-27 sebagai pesawat tempur superioritas udara telah memudar dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan dianggap hampir usang saat ini, menyusul pesawat tersebut telah mengalami kerugian besar melawan pasukan Rusia sejak konflik skala penuh dimulai pada Februari 2022.

Pertempuran udara paling signifikan yang melibatkan Su-27 yang tercatat terjadi pada tanggal 5 Maret 2022, di dekat Zhytomyr, di mana empat dari pesawat tempur ini jatuh.

Setelah Uni Soviet runtuh pada tahun 1991, Ukraina mewarisi sebagian besar aset militer Uni Soviet, termasuk jet tempur seperti MiG-29 dan Su-27.

Pesawat ini menjadi bagian dari Angkatan Udara Ukraina, berkat pembagian peralatan militer Soviet di antara negara-negara bekas republik Soviet.

Ukraina menerima sekitar 220 MiG-29 dan sekitar 70 Su-27, yang awalnya ditempatkan di berbagai pangkalan Soviet di tanah Ukraina.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas