Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Media Iran: Israel Dalang Serangan Siber Besar-besaran di Lebanon-Suriah, Duta Besar Jadi Korban

MNA, melaporkan kalau Israel menjadi dalang dari serangan siber besar-besaran di Lebanon dan Suriah. Dubes Iran di Beirut ikut jadi korban

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Media Iran: Israel Dalang Serangan Siber Besar-besaran di Lebanon-Suriah, Duta Besar Jadi Korban
MNA/Tangkap Layar
Serpihan alat komunikasi petempur Hizbullah Lebanon yang meledak. Alat komunikasi itu, mulai dari pager, handy talkie, hingga handphone diduga kena retas oleh Israel hingga meledak saat dibawa. 

Media Iran Sebut Israel Dalang Serangan Siber Besar-besaran di Lebanon dan Suriah, Duta Besar Jadi Korban

TRIBUNNEWS.COM - Kantor Berita semi-resmi pemerintah Iran, MNA, melaporkan kalau Israel menjadi dalang dari serangan siber besar-besaran di Lebanon dan Suriah.

Seperti diberitakan, laporan dari Lebanon pada Selasa (17/9/2024) menyatakan kalau sejumlah petempur Hizbullah terluka setelah perangkat komunikasi yang mereka bawa meledak seusai diduga kena retas.

Baca juga: Kena Retas, HP dan HT yang Dibawa Para Petempur Hizbullah Meledak di Sejumlah Wilayah Lebanon

Terkait insiden keamanan tersebut, MNA mengatakan bahwa duta besar Republik Iran di Beirut juga ikut menjadi korban dan terluka.

"Mojtaba Amani, duta besar Republik Islam Iran untuk Beirut terluka dalam ledakan pager di Beirut. Beberapa sumber yang memiliki pengetahuan tentang masalah ini telah melaporkan bahwa duta besar Iran di Lebanon terluka selama serangan siber besar-besaran Israel di Lebanon dan Suriah," kata laporan MNA, Selasa.

Pager Diretas

Media lokal di Lebanon melaporkan kalau puluhan warga Lebanon terluka akibat ledakan perangkat pager yang dimiliki oleh pejuang Perlawanan Hizbullah. Adapun laporan lain menyebut yang diretas adalah handphone dan handy talkie (HT)

Media lokal di Lebanon pada hari Selasa melaporkan insiden keamanan besar di selatan ibu kota Lebanon, Beirut di distrik Dahieh. 

BERITA TERKAIT

Laporan awal yang belum dikonfirmasi mengatakan bahwa puluhan orang terluka di Dahieh. 

"Sebuah alat komunikasi dikatakan meledak di pinggiran kota Beirut, melukai beberapa anggota Hizbullah," tulis laporan itu.

Sementara itu, Al Manar dari Hizbullah melaporkan bahwa "Perangkat komunikasi nirkabel (Pager) meledak, melukai penggunanya di sejumlah wilayah Lebanon."

Sementara itu, Al Jazeera telah melaporkan bahwa perangkat komunikasi yang digunakan oleh kelompok Perlawanan Lebanon telah ditembus, diretas dan sejumlah anggota Hizbullah terluka setelah perangkat ini, yang dikenal sebagai pager, meledak.

Perluasan Perang Israel

Sejumlah laporan berbahasa Ibrani yang dikeluarkan media Israel beberapa jam terakhir menunjukkan kalau perang antara entitas pendudukan dan Gerakan Perlawanan Lebanon, Hizbullah berada di ambang bahaya.

Sebagai konteks, eksalasi konflik Israel-Hizbullah terjadi sejak 8 Oktober 2023, satu hari setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas melancarkan serangan Banjir Al- Aqsa ke Israel pada 7 Oktober.

Baca juga: Israel Dikepung Perlawanan: Drone Hizbullah Tembus 30 Km, Rudal Houthi 15 Menit Hantam Tel Aviv

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas