Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apa Itu PETN Pentaerythritol tetranitrate, Bahan Peledak yang Digunakan Israel Ledakkan Ribuan Pager

Badan Mata-mata Israel, Mossad dilaporkan telah menanam 20 gram bahan peledak Pentaerythritol tetranitrate PETN di Baterai Pager.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Apa Itu PETN Pentaerythritol tetranitrate, Bahan Peledak yang Digunakan Israel Ledakkan Ribuan Pager
Tangkap layar X
Pager 

Apa Itu PETN Pentaerythritol tetranitrate, Bahan Peledak yang Digunakan Israel Ledakkan Ribuan Pager

TRIBUNNEWS.COM- Badan Mata-mata Israel, Mossad dilaporkan telah menanam 20 gram bahan peledak Pentaerythritol tetranitrate PETN di Baterai Pager.

PETN atau Pentaerythritol tetranitrate menjadi Komponen kunci dalam operasi mematikan Mossad.

PETN, atau Pentaerythritol tetranitrate, adalah bahan peledak yang sangat kuat dengan faktor efektivitas relatif sebesar 1,66. 

Bahan ini juga rentan terhadap guncangan dan panas, yang membuatnya mudah meledak jika dipicu secara sengaja.

PETN senjata Mossad Israel telah digunakan dalam berbagai serangan teroris dan pemboman, termasuk pemboman Menara Khobar tahun 1996 di Arab Saudi, yang menewaskan 19 tentara Amerika dan melukai ratusan lainnya.

PETN telah dikaitkan dengan Mossad, badan intelijen nasional Israel, dalam sebuah cerita tentang dugaan keterlibatan badan tersebut dalam peledakan pager Hizbullah di Lebanon dan Suriah.

BERITA TERKAIT

PETN, atau Pentaerythritol tetranitrate, adalah salah satu bahan peledak paling kuat dan mematikan yang pernah diketahui manusia. 

Bahan ini menjadi terkenal karena keterlibatannya dalam serangan teroris dan operasi militer yang menghancurkan. 

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaannya telah memicu kontroversi, terutama setelah tuduhan penggunaannya oleh badan intelijen seperti Mossad.

 

Apa Itu PETN?

PETN termasuk bahan peledak paling kuat yang ada, dengan Faktor Efektivitas Relatif (REF) sebesar 1,66, yang membuatnya jauh lebih kuat daripada TNT. 

Tidak seperti beberapa bahan peledak lainnya, PETN relatif stabil dan tidak sensitif terhadap gesekan, yang membuatnya tidak mudah meledak secara tidak sengaja. 

Namun, jika sengaja dipicu oleh panas atau guncangan, bahan peledak ini melepaskan sejumlah besar energi, yang menyebabkan kerusakan besar.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas