Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Terbukti Miskin Taktik? Rusia Tiru Strategi Ukraina Gunakan FPV Pencegat Berkecepatan Tinggi

Rusia tampaknya bakal meniru taktik Angkatan Pertahanan Ukraina menggunakan FPV pencegat berkecepatan tinggi, bukti nyata akhirnya terkuak

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Terbukti Miskin Taktik? Rusia Tiru Strategi Ukraina Gunakan FPV Pencegat Berkecepatan Tinggi
Defence Express/Tangkapan layar video yang dipublikasikan oleh pasukan Rusia
Drone FPV anti-udara Ukraina dari sudut pandang drone pengintai Rusia. Rusia tampaknya bakal meniru taktik Angkatan Pertahanan Ukraina menggunakan FPV pencegat berkecepatan tinggi, bukti nyata akhirnya terkuak 

TRIBUNNEWS.COM - Rusia tampaknya bakal meniru taktik Angkatan Pertahanan Ukraina menggunakan FPV pencegat.

Taktik yang dimaksud adalah menggunakan helikopter kecil yang dioperasikan dari jarak jauh (drone FPV) untuk melawan kendaraan udara pengintaian nirawak khusus.

Dugaan tersebut semakin bulat lantaran FPV Rusia semakin sering terlihat selama beberapa bulan terakhir.

Pasukan Ukraina pun sering kali memergoki aksi militer Rusia di wilayah mereka.

Diberitakan Defence Express, untuk pertama kalinya terbukti operator drone Rusia juga menggunakan metode serupa.

Dalam rekaman tersebut, sebuah pesawat nirawak FPV Rusia mendekati sebuah pesawat nirawak Furia milik Ukraina dan menjatuhkannya dengan cara menabraknya dengan kecepatan tinggi.

Tidak seperti banyak penjatuhan pesawat nirawak yang pernah terlihat sebelumnya dari pihak Ukraina, FPV tersebut tidak menghancurkan atau meledakkan target.

BERITA TERKAIT

Adapun pengenalan apa yang disebut pesawat nirawak FPV antipesawat ke dalam pasukan invasi Rusia hanyalah masalah waktu.

Bengkel-bengkel amatir telah membuat dan meningkatkan produksi pesawat nirawak FPV setara dengan pesawat nirawak Ukraina, meskipun sebagian besar tertinggal dalam hal volume atau fleksibilitas dalam mengadopsi teknologi baru.

Pertanyaannya adalah, seberapa cepat Rusia dapat meningkatkan praktik penggunaan FPV untuk mencegat kendaraan udara musuh.

Bagaimanapun, helikopter harus memiliki kemampuan yang sesuai untuk mengejar dan menghancurkan UAV bersayap, dan FPV berkecepatan tinggi yang dirancang khusus ini perlu diproduksi secara massal.

Sejauh ini, ini merupakan satu-satunya contoh visual yang terkonfirmasi tentang keberhasilan FPV Rusia dalam mencegat pesawat nirawak Ukraina.

Sementara itu, pasukan Ukraina telah menerapkan praktik ini secara umum dan menerbitkan lusinan video setiap bulan yang menunjukkan bagaimana FPV sekali pakai mereka menetralkan pesawat nirawak pengintai Rusia, sebagian besar dengan meledakkan amunisi fragmentasi kecil dari jarak dekat.

Untuk menggambarkan skalanya, unit Signum dari Brigade Mekanik ke-93 Ukraina melaporkan awal September mereka berhasil menghancurkan setiap pesawat nirawak di wilayah operasi mereka, yaitu, 49 pesawat nirawak pengintai Rusia, termasuk seri Zala, seri Supercam, dan UAV Orlan-10.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas