Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemimpin Dunia Nyatakan Kekhawatiran Israel Tingkatkan Serangan ke Lebanon

Pemimpin dunia nyatakan 'kekhawatiran' saat Israel tingkatkan serangan ke Lebanon. Hanya satu negara barat yang secara tegas mengutuk serangan Israel

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Pemimpin Dunia Nyatakan Kekhawatiran Israel Tingkatkan Serangan ke Lebanon
AFP/-
Sebuah gambar yang diambil pada tanggal 24 September 2024, menunjukkan puing-puing dan kehancuran di lokasi serangan Israel semalam di sebuah lingkungan di kota Baalbeck, Lebanon, di lembah Bekaa. (Photo by AFP) 

Pemimpin Dunia Nyatakan Kekhawatiran Ketika Israel Tingkatkan Serangan ke Lebanon

TRIBUNNEWS.COM- Pemimpin dunia nyatakan 'kekhawatiran' saat Israel tingkatkan serangan ke Lebanon.

Hanya satu negara barat yang secara tegas mengutuk serangan Israel yang telah menewaskan lebih dari 500 warga Lebanon dalam dua hari.

Para pemimpin Arab dan dunia bereaksi terhadap agresi Israel yang sedang berlangsung di Lebanon selatan pada tanggal 24 September, mengeluarkan pernyataan yang memperingatkan terhadap eskalasi konflik lebih lanjut.

“Agresi Israel yang terus berlanjut terhadap Lebanon adalah perang pemusnahan dalam segala arti kata dan rencana destruktif yang bertujuan untuk menghancurkan desa-desa dan kota-kota Lebanon,” Perdana Menteri Lebanon Najib  Mikati menyatakan .

Ia mendesak “Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Majelis Umum serta negara-negara berpengaruh … untuk mencegah agresi [Israel].”

Israel memulai kampanye pengeboman besar-besaran di Lebanon selatan pada Minggu pagi. Serangan Israel sejauh ini telah menewaskan 558 orang, termasuk 50 anak-anak dan 94 wanita, serta melukai 1.835 lainnya, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

BERITA REKOMENDASI

"Perkembangan ini berpotensi sangat berbahaya," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, memperingatkan tentang "meluasnya wilayah konflik dan destabilisasi total di kawasan tersebut."

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi memperingatkan “bahaya meluasnya kekerasan di kawasan dan dampak serius dari eskalasi terhadap keamanan dan stabilitas kawasan.”

Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan dari Israel “menandai fase baru dalam upayanya untuk menyeret seluruh kawasan ke dalam kekacauan.”

“Negara-negara yang mendukung Israel tanpa syarat membantu Netanyahu menumpahkan darah demi kepentingan politiknya.”

“Negara Qatar mengutuk, dengan sekeras-kerasnya, agresi Israel terhadap Lebanon,”  kata Kementerian Luar Negeri Qatar seraya memperingatkan “agar tidak memperluas lingkaran kekerasan di kawasan tersebut.”

“Realitas ini memperburuk krisis, menempatkan kawasan ini di ambang jurang kehancuran, dan menimbulkan lebih banyak ketegangan yang akan berdampak besar secara regional dan internasional,” kata kementerian tersebut.

Mesir  menyatakan solidaritasnya dengan Lebanon dan menegaskan “penolakan tegas” terhadap segala pelanggaran kedaulatan Lebanon dan wilayahnya. 

“Mesir sebelumnya telah memperingatkan tentang beratnya agresi Israel yang terus berlanjut terhadap Jalur Gaza, dan bahaya perluasannya, yang menempatkan wilayah tersebut pada risiko terjerumus ke dalam perang regional yang besar,” kata pernyataan tersebut. 

Spanyol adalah satu-satunya pemerintah barat yang mengeluarkan pernyataan yang mengutuk serangan Israel.

"Pemerintah Spanyol menyampaikan rasa kecewa dan kecaman yang mendalam atas pemboman Israel di Lebanon selatan dan timur hari ini, yang telah menewaskan ratusan orang, sebagai tanggapan atas serangan Hizbullah terhadap Israel selama akhir pekan," kata Kementerian Luar Negeri di Madrid pada Senin malam. "Spiral kekerasan harus dihentikan," tambah kementerian tersebut.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas