Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Klaim Bunuh Rawhi Mushtaha 'Tangan Kanan Yahya Sinwar' dan 2 Pejabat Hamas di Gaza

Israel mengklaim telah membunuh tiga pejabat Hamas termasuk Rawhi Mushtaha yang disebut tangan kanan Yahya Sinwar dalam serangan tiga bulan lalu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Israel Klaim Bunuh Rawhi Mushtaha 'Tangan Kanan Yahya Sinwar' dan 2 Pejabat Hamas di Gaza
X
Kepala otoritas Hamas di Jalur Gaza, Rawhi Mushtaha, diklaim tewas dalam serangan Israel pada tiga bulan lalu. Dua pejabat lainnya yang diklaim tewas yaitu Sameh Al-Sarraj, penanggung jawab arsip keamanan di Biro Politik dan Komite Eksekutif Hamas bersama Sami Odeh, kepala Badan Keamanan Umum. Israel mengumumkan klaim pembunuhan ketiganya dalam pernyataan pada Kamis (3/10/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Tentara Israel (IDF) mengumumkan pembunuhan tiga pejabat penting Hamas, yaitu Rawhi Mushtaha, kepala otoritas Hamas di Jalur Gaza; Sameh Al-Sarraj, penanggung jawab arsip keamanan di Biro Politik dan Komite Eksekutif Hamas; dan Sami Odeh, kepala Badan Keamanan Umum Hamas.

Rawhi Mushtaha disebut sebagai tangan kanan atau orang kepercayaan Kepala Biro Politik Hamas, Yahya Sinwar.

IDF mengklaim ketiga pejabat Hamas tersebut tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza utara pada tiga bulan lalu.

“Tiga bulan lalu, pesawat tempur Angkatan Udara menyerang, berdasarkan panduan intelijen yang tepat, tiga anggota Hamas yang bersembunyi di dalam sebuah kompleks bawah tanah di Jalur Gaza utara," kata juru bicara IDF, Avichay Adraee, melalui akun X pada Kamis (3/10/2024).

Avichay Adraee mengatakan kompleks tersebut dikelola oleh pejabat Hamas untuk membentuk tempat tinggal bagi para pemimpinnya.

“Kompleks tersebut dikelola oleh pejabat Dinas Keamanan Umum Hamas, untuk membentuk kompleks tempat tinggal khusus bagi para pemimpin paling terkemuka dari otoritas yang berkuasa, yang dipimpin oleh Rawhi Mushtaha,” menurut klaimnya.

Rawhi Mushtaha

Dalam pernyataannya, IDF menyebut Rawhi Mushtaha sebagai salah satu anggota Hamas yang paling terkemuka dan salah satu pembantu terdekat Yahya Sinwar.

BERITA REKOMENDASI

IDF mengatakan Rawhi Mushtaha memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan terkait pengerahan pasukan Hamas.

"Dia berpartisipasi dalam pengambilan keputusan militer dan menjabat sebagai kepala pemerintahan sipil Hamas di Jalur Gaza dan memegang portofolio urusan tahanan," kata IDF.

Rawhi Mushtaha bersama Yahya Sinwar mendirikan mekanisme keamanan publik Hamas dan keduanya pernah menjalani hukuman penjara bersama di penjara Israel, seperti diberitakan Al Arabiya.

Baca juga: Sinwar dan Deif Hidup, Hamas Kecewa Pada Tetangga Arab: Kenapa Cuma Iran yang Berani ke Israel?

Jumlah Korban di Jalur Gaza

Saat ini, Israel masih melancarkan agresinya di Jalur Gaza, jumlah kematian warga Palestina meningkat menjadi lebih dari 41.689 jiwa dan 96.625 lainnya terluka sejak Sabtu (7/10/2023) hingga Kamis (3/10/2024), dan 1.147 kematian di wilayah Israel, dikutip dari Al Jazeera.

Sebelumnya, Israel mulai membombardir Jalur Gaza setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas, meluncurkan Operasi Banjir Al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023), untuk melawan pendudukan Israel dan kekerasan di Al-Aqsa sejak tahun 1948.

Israel mengklaim, ada 101 sandera yang hidup atau tewas dan masih ditahan Hamas di Jalur Gaza, setelah pertukaran 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas