Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sistem Senjata Laser Shen Nung Muncul di Teheran, Cina Bantu Iran Lawan Israel?

Sistem laser anti-drone itu dilaporkan dikerahkan sebagai bagian dari langkah-langkah keamanan di sekitar khotbah Pemimpin Tertinggi Iran, Khamenei

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Sistem Senjata Laser Shen Nung Muncul di Teheran, Cina Bantu Iran Lawan Israel?
tangkap layar twitter
Sistem laser anti-drone buatan Cina yang tampak di sekitar kemunculan pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei saat khutbah, Jumat pekan (4/10/2024) lalu di Teheran. 

Sistem Senjata Laser Shen Nung Nongol di Teheran, Cina Bantu Iran Lawan Israel?

TRIBUNNEWS.COM - Iran tampaknya telah mengerahkan senjata energi laser terarah buatan Cina dalam antisipasinya terhadap serangan balik Israel dalam perkembangan situasi konflik saat ini antara kedua negara.

Senjata laser buatan Cina yang tampak ada di Iran itu ditujukan untuk 'menyilaukan' pesawat nirawak (drone) atau bahkan menghancurkannya dalam keadaan tertentu, serta kemampuan anti-pesawat nirawak baru lainnya.

Baca juga: Analisis Pakar: Serangan Iran Membuktikan Israel Lebih Rentan dari Apa yang Digembar-gemborkan

Pemerintah Iran telah menjadi pusat penyebaran sistem udara nirawak secara global, termasuk pesawat nirawak kamikaze, tetapi juga menghadapi banyak jenis ancaman yang sama, terutama dari Israel .

Gambar yang menunjukkan adanya sistem anti-pesawat nirawak laser di ibu kota Iran, Teheran, pertama kali muncul secara daring Jumat (4/10/2024) lalu.

Sistem laser anti-drone itu dilaporkan dikerahkan sebagai bagian dari langkah-langkah keamanan di sekitar khotbah umum yang jarang dilakukan oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Dalam pidatonya, Khamenei membela serangan rudal balistik Iran baru-baru ini terhadap Israel , memuji serangan Hamas tahun lalu yang telah memicu konflik regional yang berkembang.

BERITA REKOMENDASI

Khamenei juga mengatakan kalau  proksi yang didukung Iran akan terus bertempur meskipun ada serangkaian pembunuhan yang ditargetkan oleh Israel terhadap tokoh-tokoh penting Poros Perlawanan.

Banyak pengamat telah mengidentifikasi sistem anti-pesawat nirawak laser yang terlihat pada gambar-gambar yang baru-baru ini muncul sebagai 'Silent Hunter' buatan Tiongkok.

Tetapi analisis para pengamat ini tampaknya tidak sepenuhnya benar. Ada indikasi Iran telah memodifikasi sistem senjata laser buatan Cina tersebut atau ada varian senjata laser buatan Cina yang diakuisisi Iran.

"Gambar-gambar Silent Hunter yang diketahui, dan tiruannya, termasuk contoh-contoh yang digunakan di Arab Saudi , menunjukkan bahwa sistem ini memiliki menara dengan satu lubang bundar besar (kemungkinan pengarah sinarnya) di sisi kanan tiang utama," tulis ulasan situs militer TWZ, dikutip Selasa (8/10/2024).

Menara Silent Hunter buatan Cina juga memiliki lubang bundar yang lebih kecil, yang mencakup kamera elektro-optik dan/atau inframerah untuk mendeteksi, melacak, dan menyerang target di sisi kanan dan kiri tiang utama.

Sementara sistem yang muncul di Teheran memiliki desain keseluruhan yang serupa, ia memiliki satu lubang besar di sisi kiri.

Selain itu, ada lubang dengan bentuk yang lebih persegi di sisi kanan. Tiang tengah memiliki desain yang juga berbeda.

Baca juga: Drone Tempur Siluman Canggih Rusia Sukhoi S-70 Jatuh Ditembak Pasukan Sendiri di Donetsk

Perbandingan berdampingan antara menara sistem anti-pesawat nirawak laser Silent Hunter buatan Cina milik Arab Saudi (di sebelah kiri) dan menara yang ada dalam gambar yang baru-baru ini muncul yang dikatakan diambil di Teheran Jumat lalu (di sebelah kanan).
Perbandingan berdampingan antara menara sistem anti-pesawat nirawak laser Silent Hunter buatan Cina milik Arab Saudi (di sebelah kiri) dan menara yang ada dalam gambar yang baru-baru ini muncul yang dikatakan diambil di Teheran Jumat lalu (di sebelah kanan). (Kementerian Pertahanan Arab Saudi/via X)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas