Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wapres AS Sudah Bicarakan Soal Nyawa Zelensky Sejak Perang Belum Meletus

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris ternyata telah merasa was-was dengan nasib Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sejak lama.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Wapres AS Sudah Bicarakan Soal Nyawa Zelensky Sejak Perang Belum Meletus
Drew Angerer / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP
Wapres AS Kamala Harris 

 

TRIBUNNEWS.COM -- Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris ternyata telah merasa was-was dengan nasib Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sejak lama.

Ancaman yang datang dari negara tetangga, Rusia, menyebabkan sang wapres mendesak Zelensky untuk menyiapkan rencana jika ia terbunuh atau tertangkap.

Dilaporkan Ukrainska Pravda, dari buku War karya jurnalis Amerika dan editor The Washington Post Bob Woodward, Harris menyatakan menghkhawatirkan nasib pemimpin negara sekutunya tersebut.

Baca juga: Ukraina Serang Kilang Minyak Rusia, Zelensky: Perang Masuk Fase Penting

Dalam Konferensi Keamanan Munich, Harris diduga mendorong Zelensky untuk mengambil tindakan dalam menanggapi ancaman Rusia yang membayangi.

Salah satu tindakan ini termasuk membuat rencana suksesi untuk memastikan stabilitas "jika Anda ditangkap atau terbunuh," kata Harris.

Zelensky butuh orang yang cepat bisa menggantikannya jika terbunuh atau tertangkap. Hal ini agar pemerintahan Ukraina terus berjalan dengan stabil.

BERITA REKOMENDASI

Pada bulan Juli, The Times menerbitkan sebuah artikel yang mengklaim bahwa Harris menolak proposal Ukraina untuk sanksi pendahuluan terhadap Moskow hanya beberapa hari sebelum invasi besar-besaran Rusia dimulai pada Februari 2022.

Kemudian pada September lalu, Harris mengkritik proposal oleh saingannya dalam pemilihan AS, Donald Trump, mengenai Ukraina, dengan menyoroti bahwa proposal tersebut "sejalan dengan proposal Putin."

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara dalam konferensi tahunan Platform Krimea di Kyiv, Ukraina, pada Jumat (13/9/2024).
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara dalam konferensi tahunan Platform Krimea di Kyiv, Ukraina, pada Jumat (13/9/2024). (eremnews)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas