Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Kirim 50 Truk Bantuan ke Gaza Utara setelah AS Keluarkan Ultimatum, WFP: Jauh dari Cukup

Setelah diultimatum AS, Israel akhirnya mengizinkan truk bantuan masuk ke Gaza utara. Namun jumlah yang dikirimkan masih jauh dari cukup.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Israel Kirim 50 Truk Bantuan ke Gaza Utara setelah AS Keluarkan Ultimatum, WFP: Jauh dari Cukup
IDF
Truk bantuan masuk ke Gaza utara, pada 16 Oktober 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Israel akhirnya mengizinkan 50 truk bantuan yang membawa makanan, air, dan peralatan medis memasuki Gaza Utara, setelah Amerika Serikat mengeluarkan ultimatumnya.

Dalam sebuah posting di X, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan kendaraan tersebut membawa sumber daya yang disediakan oleh Yordania ke Gaza Utara melalui Jembatan Allenby dan penyeberangan Erez Barat.

"IDF, melalui Koordinasi Kegiatan Pemerintah di Wilayah (COGAT), akan terus bertindak sesuai dengan hukum humaniter internasional untuk memfasilitasi dan mempermudah masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza," tulis IDF, Rabu (16/10/2024).

Sehari sebelumnya, otoritas AS mengirim surat kepada pemerintah Israel, memberi waktu 30 hari bagi Israel untuk memperbaiki situasi kemanusiaan di Gaza.

Jika tidak, Israel akan menghadapi risiko kehilangan bantuan militer.

Namun, 50 truk bantuan yang masuk itu tampaknya jauh dari cukup.

Truk bantuan masuk ke Gaza utara, 16 Oktober 2024
Truk bantuan masuk ke Gaza utara, 16 Oktober 2024 (IDF)

Seorang juru bicara Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan kepada ITV News bahwa bantuan yang datang hanya cukup untuk memberi 9.000 keluarga masing-masing satu kantong tepung terigu.

BERITA REKOMENDASI

"Jumlah itu jauh dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Sumber di lapangan telah mengonfirmasi bahwa bantuan belum sampai ke kamp pengungsi Jabaliya, tempat banyak warga Palestina yang mengungsi saat ini mencari perlindungan.

Akhir pekan lalu, Program Pangan Dunia PBB memperingatkan bahwa operasi militer Israel memiliki "dampak buruk" pada ketahanan pangan warga Palestina.

Ultimatum AS

Baca juga: Amerika Ultimatum Israel: Perbaiki Situasi Kemanusiaan di Gaza atau Kehilangan Sokongan Militer

Dalam surat yang dikirim kepada pemerintah Israel, Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan tindakan Israel, termasuk menghentikan hampir 90 persen pergerakan kemanusiaan antara Gaza Utara dan Selatan pada bulan September, berkontribusi pada memburuknya kondisi di wilayah tersebut.

Meskipun ancaman penarikan bantuan militer tidak secara eksplisit disampaikan, surat tersebut mengatakan AS perlu menilai komitmen Israel untuk tidak menghalangi pengiriman bantuan kemanusiaan AS agar dapat terus menyediakan pembiayaan militer.

“Surat tersebut tidak dimaksudkan sebagai ancaman," kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas