Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan ke Iran Usai, Israel Beri Peringatan Keras:  Semua yang Ancam Israel Akan Bayar Harga Mahal

Tentara Israel mengatakan serangan ke Iran telah selesai. Serangan tersebut adalah bentuk balasan serangan Iran ke Israel sebelumnya.

Editor: Erik S
zoom-in Serangan ke Iran Usai, Israel Beri Peringatan Keras:  Semua yang Ancam Israel Akan Bayar Harga Mahal
Yedioth Ahronoth
Foto yang diambil ketika Israel melakukan serangan ke Kota Karaj, Iran pada Sabtu (26/10/2024). Serangan ini dilakukan Israel sebagai "serangan balasan". 

TRIBUNNEWS.COM, TEL AVIV-  Tentara Israel (The Israeli Defences Forces/IDF) menegaskan serangan udara terhadap Iran pada Sabtu (26/10/2024) pagi adalah sebagai pembalasan besar terhadap serangan rudal balistik Teheran awal bulan ini.

Serangan yang telah berakhir tersebut, menimbulkan kekhawatiran bahwa konfrontasi jangka panjang antara dua kekuatan militer yang kuat tersebut dapat meningkat menjadi perang regional yang lebih luas.

Militer Israel mengatakan serangan ke Iran adalah serangan tepat sasaran terhadap target milier. Serangan balasan tersebut tidak menargetkan infrastruktur energi.

Baca juga: Israel Pakai Jet Tempur saat Serang Iran Hari Ini, tapi Gagal Tembus Pertahanan IRGC

Dikutip dari CNN, Iran mengatakan serangan Israel tersebut mengakibatkan kerusakan terbatas di beberapa tempat.

Kantor berita IRNA mengatakan target serangan Israel tersebut adalah pusat militer Tehran, Khuzestan and Ilam. IRNA mengatakan sistem pertahanan udara Iran yang terintegrasi sukses mengintersepsi serangan Israel tersebut.

Iranian officials earlier said air defenses were deployed “in several areas around Tehran and the country,” according to IRNA.

Serangan Israel terlah berhenti

Juru Bicara tentara Israel Daniel Hagari mengonfirmasi serangan Sabtu pagi tersebut adalah balasan dari serangan Iran sebelumnya.

BERITA REKOMENDASI

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa kami telah melakukan respons terhadap serangan Iran ke Israel," kata Daniel Hagari dalam video yang diunggah di akun X.

Daniel mengingatkan bahwa  jika Iran memulai lagi sebuah eskalasi baru, Israel wajib memberikan respons.

"Pesan kami kami jelas, semua yang mengancam Israel dan mencoba menyeret wilayah ke eskalasi yang lebih lebar akan membayar harga yang mahal. Hari ini kami mendemonstrasikan bahwa kami punya kemampuan dan tekad bertindak tegas dan kami bersiap dalam bertahan dan menyerang, mempertahankan negara dan rakyat Israel," kata Daniel Hagari.

Baca juga: Israel Serang Iran, Kandidat Presiden AS Kamala Harris & Donald Trump Belum Bereaksi

Daniel melanjutkan bahwa serangan ke Iran telah selesai.

"Serangan balasan telah selesai dan missi terpenuhi," kata dia.

Iran klaim mampu tangkis serangan Israel


Angkatan Udara Iran mengeluarkan pernyataan menyusul serangan Israel ke negara tersebut, Sabtu (26/10/2024).

"Terlepas dari peringatan sebelumnya dari para pejabat Republik Iran kepada rezim Zionis ilegal untuk menghindari tindakan petualang, rezim Tel Aviv menyerang beberapa situs militer di provinsi Teheran, Khuzestan, dan Ilam pada Sabtu pagi dalam tindakan penyebab ketegangan," kata pernyataan tersebut dilansir MNA.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas