Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Agos, Kompor Aman Berteknologi Timer dan Remote Control Ciptaan Mahasiswa UGM

Seringnya terjadi kebakaran yang disebabkan oleh kompor yang lupa dimatikan menjadi keprihatinan tersendiri bagi mahasiswa UGM, Hisyam.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Agos, Kompor Aman Berteknologi Timer dan Remote Control Ciptaan Mahasiswa UGM
TRIBUNJOGJA.com | HENDRA KRISDIANTO
Mahasiswa UGM, yakni M Rifai PS, Budi Azhari, Kukuh Daud P, Hisyam dan Ariesa Budi Z menciptakan kompor gas yang praktis dan dapat memberikan keamanan dalam berbagai kondisi. Kompor tersebut dinamakannya Automatic Gas Stove for Safety (Agos). 

TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Seringnya terjadi kebakaran yang disebabkan oleh kompor yang lupa dimatikan menjadi keprihatinan tersendiri bagi mahasiswa UGM, Hisyam.

Ditambah lagi desain kompor yang sejak dulu tidak berubah menjadi perhatiannya juga.

Berdasar hal tersebut, mahasiswa UGM ini ciptakan kompor yang dapat diatur dengan remote. Selain keamanan yang utama, produk ini pun praktis digunakan.

Sejak diberlakukannya program konversi minyak tanah ke gas oleh pemerintah Indonesia, penggunaan kompor gas hingga kini makin popular di masyarakat.

Hingga pada 2005 menurut data Kementrian ESDM, terdapat 73 pabrik tabung LPG dengan kapasitas mencapai 75 juta/tahun.

Di sisi lain, makin vitalnya kebutuhan masyarakat akan suatu produk maka desain dan keamanan produk tersebut juga harus diperhatikan.

Bila menengok kompor konvensional yang beredar, desain produk tersebut belum banyak mengantisipasi resiko terutama apabila pengguna lupa mematikan api setelah pemakaian.

BERITA TERKAIT

Padahal selain dapat menimbulkan pembuangan gas secara cuma-cuma, juga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Paling buruk adalah kebakaran.

Oleh karenanya, mahasiswa UGM yang terdiri dari M Rifai PS, Budi Azhari, Kukuh Daud P, Hisyam dan Ariesa Budi Z menciptakan kompor gas yang praktis dan dapat memberikan keamanan dalam berbagai kondisi.

Kompor tersebut dinamakannya Automatic Gas Stove for Safety (Agos).

Salah seorang anggota tim, Hisyam mengungkapkan, sebenarnya beberapa model kompor terbaru telah menerapkan teknologi timer supaya kompor dapat mati secara otomatis sesuai setting waktu yang ditentukan.

Namun sayangnya pilihan pengaturan waktu masih terbatas sehingga dirasa masih kurang praktis.

Pada kompor buatannya, terdapat dua pilihan mode pengoperasian yakni manual dan otomatis.

Pada mode manual, pengaturan kompor akan seperti kompor gas pada umumnya. Sementara pada mode otomatis, mekanisme operasi adalah berdasar ada tidaknya peralatan di atas tungku.

Halaman
12
Tags:
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas