Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Mengonsumsi Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

simak 5 alasan mengapa air kelapa wajib jadi salah satu menu berbuka puasa di Bulan Ramadan!

BizzInsight
zoom-in 5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Mengonsumsi Air Kelapa Saat Berbuka Puasa
Shutterstock
Air kelapa dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa dengan cepat 

TRIBUNNEWS.COM - Bulan puasa sebentar lagi tiba! Tentunya, banyak yang harus kamu siapkan dalam menyambut bulan suci ini, termasuk menu berbuka puasa setiap harinya.

Nah, salah satu jenis minuman yang wajib ada sebagai menu berbuka puasa adalah air kelapa. Tak cuma memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, ada banyak alasan mengapa air kelapa bisa jadi salah satu menu berbuka puasa yang tepat. 

Masih ragu-ragu untuk memilih jenis minuman ini? Yuk, simak 5 alasan mengapa air kelapa wajib jadi salah satu menu berbuka puasa di Bulan Ramadan!

1) Kaya nutrisi

Air kelapa alami merupakan minuman yang kaya nutrisi. Melansir Klikdokter, air kelapa mengandung lima jenis elektrolit esensial bagi tubuh, yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

Tidak hanya itu, terdapat juga mineral, vitamin, gula, karbohidrat, protein dan lemak yang membuat zat gizi dalam air kelapa menjadi sangat lengkap. 

Mengingat perut akan kosong tanpa asupan selama 13 jam saat berpuasa, air kelapa dapat menjadi pilihan menu berbuka puasa yang tepat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh saat berpuasa. 

BERITA TERKAIT

2) Berperan sebagai antioksidan

Air kelapa dapat berperan sebagai antioksidan untuk menghalau radikal bebas. Melansir dari KlikDokter, air kelapa murni mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk menghalau radikal bebas. 

Sebagai antioksidan, air kelapa mampu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh selama berpuasa. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan berbagai risiko penyakit di bulan puasa dan dapat menjalankan ibadah sebulan penuh dengan tubuh yang bugar!

3) Menjaga tekanan darah tetap normal

Ternyata, air kelapa asli juga terbukti mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh! Masih melansir KlikDokter, setiap 240 ml air kelapa asli mengandung sekitar 600 mg potasium. 

Potasium atau kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. 

Dengan manfaat tersebut, mengonsumsi air kelapa bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan berbagai organ penting dengan baik selama menjalani ibadah puasa

4) Menetralkan asam lambung ketika berpuasa

Apa kamu sering mengalami permasalahan asam lambung ketika berpuasa? Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air kelapa ketika berbuka puasa.

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, dikutip dari Klikdokter, air kelapa merupakan jenis cairan alkali yang dapat mengurangi asam lambung dan menjaga pH (keasaman) tubuh agar tetap stabil. 

Selain itu, air kelapa yang merupakan sumber elektrolit juga bermanfaat memperbaiki kondisi tubuh akibat penyakit asam lambung dan masalah pencernaan lainnya. 

5) Mengembalikan cairan tubuh dengan cepat

Ibadah puasa tentunya tidak akan mengurangi kesibukan kita sehari-hari. Namun ketika sibuk beraktivitas di bulan puasa, risiko dehidrasi pun kian meningkat. 

Terkadang, hal ini juga dapat terjadi akibat pemilihan asupan berbuka puasa yang tidak tepat, misalnya terlalu banyak goreng-gorengan atau makanan pedas.

Ketika terjadi dehidrasi, kamu akan kehilangan banyak elektrolit yang membawa muatan-muatan listrik yang penting bagi fungsi otak, otot dan sebagainya. 

Nah, air kelapa yang merupakan minuman alami dengan kandungan elektrolit tinggi mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang tersebut dengan cepat. Selain itu, elektrolit dalam air kelapa juga bisa mengatasi mual atau muntah saat buka puasa

Dengan mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa, tubuh yang tadinya hampir dehidrasi selama berpuasa seharian penuh pun akan dapat terhidrasi kembali! 

Buat kamu yang ingin meminum air kelapa asli tanpa ribet, Hydro Coco dapat menjadi pelengkap menu berbuka puasamu. 

Sebagai minuman air kelapa asli kaya nutrisi, Hydro Coco, produk dari KALBE Nutritionals ini memiliki banyak manfaat kesehatan agar kamu makin kuat menjalani puasa seharian penuh. 

Dengan komposisi air kelapa asli, dalam satu kemasan Hydro Coco terdapat berbagai kandungan, mulai dari elektrolit alami, vitamin A, C, dan E dan kandungan vitamin B3 sehingga mampu mengganti cairan tubuh yang hilang jika dikonsumsi saat berbuka puasa

Selain mencegah dehidrasi dan menjaga cairan tubuh, air kelapa yang terdapat dalam satu kemasan Hydro Coco juga mampu menjaga imun tubuh, membersihkan usus dari zat berbahaya, mencegah sakit maag dan dan gangguan pencernaan ketika berpuasa, serta memperbaiki mood dengan kesegarannya!

Apalagi, Hydro Coco hadir dalam 4 jenis kemasan yang praktis untuk dikonsumsi kapanpun dan di manapun, yaitu kemasan 250ml, 330ml, 500ml, dan 1000ml, sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman berbuka puasa meski di tengah jadwal yang sibuk.

Selain jadi teman berbuka puasa, Hydro Coco juga akan bagi-bagi hadiah menarik nih untuk pembaca setia Tribunnews di bulan Ramadan ini! Caranya mudah, kamu hanya perlu menjawab pertanyaan di bawah ini serta mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah mengisi data diri dan mengikuti seluruh syarat dan ketentuan di atas, Anda menyatakan setuju dan otomatis menjadi peserta dan berkesempatan memenangkan kuis Hydro Coco periode 17 Maret - 7 April 2023. Seluruh data diri peserta dijamin kerahasiaannya oleh KALBE dan Tribunnews. 

Agar bisa menjawab dan memenangkan hadiah kuis ini, pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis.

Jangan lupa, selalu andalkan Hydro Coco agar lancar berpuasa dan terhindar dari dehidrasi selama bulan Ramadan!

Penulis: Matheus Elmerio | Editor: Anniza Kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas