Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kemandirian Ekonomi Indonesia Untuk Jawab Tantangan dan Persaingan Era Global

Rembuk ini merupakan ajang diskusi dan evaluasi mengenai implementasi Gerakan Indonesia Mandiri yang dipimpin oleh Kemenko PMK.

Kemandirian Ekonomi Indonesia Untuk Jawab Tantangan dan Persaingan Era Global
Kemenko PMK
Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Mandiri bertemakan “Kemandirian Ekonomi Untuk Indonesia Maju” yang merupakan rangkaian acara Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental diselenggarakan di Hotel Four Points, Manado Sulawesi Utara (27/10/2018). 

Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Mandiri bertemakan “Kemandirian Ekonomi Untuk Indonesia Maju” yang merupakan rangkaian acara Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental diselenggarakan di Hotel Four Points, Manado Sulawesi Utara (27/10/2018).

Rembuk ini merupakan ajang diskusi dan evaluasi mengenai implementasi Gerakan Indonesia Mandiri yang dipimpin oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian).

Acara Rembuk Nasional ini menghadirkan panelis dari kementerian dan akademisi yaitu Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono dan Akademisi dari Universitas Gadjah Mada Tony Prasetiantono.

Seluruh Deputi di lingkup Kemenko Perekonomian juga hadir dalam rembuk nasional ini.

Dalam paparannya, Susiwijono, mengemukakan bahwa saat ini ditengah ketidakpastian ekonomi global, sektor perekonomian Indonesia masih aman.

Menurutnya, berbagai kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah mampu menjawah berbagai tantangan perekonomian yang dihadapi Indonesia.

“Ekonomi global saat ini sedang menghadapi situasi ketidakpastian yang juga berdampak pada tekanan yang terjadi di sektor eksternal Indonesia. Namun, secara umum, perekonomian Indonesia masih cukup kuat dan hal ini dapat dilihat dari cadangan devisa yang memadai untuk pembayaran utang luar negeri dan stabilisasi nilai tukar yang masih dapat dikendalikan,” jelas Susiwijono.

Selanjutnya, untuk menjawab berbagai tantangan perekonomian global yang dinamis, Pemerintah Indonesia berfokus untuk melakukan berbagai langkah strategis yang meliputi deregulasi, inklusi finansial melalui Kredit Usaha Rakyat, dan peningkatan kualitas SDM nasional melalui pelatihan vokasi.

Seluruh upaya ini juga merupakan langkah untuk mewujudkan Indonesia yang berdikari dan mandiri di sektor perekonomian.

Terkait deregulasi, Susiwijono menjelaskan hingga Agustus 2017, pemerintah telah meluncurkan 16 paket kebijakan ekonomi yang berfungsi untuk semakin meningkatkan kemudahan berbisnis di Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas