Tribun Kesehatan

Posisi Duduk dan Penempatan Meja Kerja yang Salah Picu Nyeri Pinggang dan Otot

Nyeri pinggang dan otot bisa dipicu oleh kesalahan posisi duduk dan setting meja kerja yang kurang pas.

Editor: Agung Budi Santoso
Posisi Duduk dan Penempatan Meja Kerja yang Salah Picu Nyeri Pinggang dan Otot
Shutterstock
Nyeri pinggang akibat terlalu lama duduk 

TRIBUNNEWS.COM - Anda yang bekerja di kantor, memang sulit menghindari aktivitas duduk sepanjang hari di balik meja kerja Anda. Perlu Anda sadari, bahwa ternyata, perilaku di meja kerja tersebut, perlahan mampu merusak postur tubuh Anda. Perilaku apa sajakah yang dimaksud?

Menurut Nikkita Hope Brown, seorang personal trainer dan pendiri perusahaan Fitness Free, Hot, and Happy, postur tubuh yang buruk karena aktivitas di meja kerja sebenarnya lebih banyak disebabkan duduk terlalu lama. Tetap berada pada posisi yang sama sepanjang hari menyebabkan beberapa otot tertentu menjadi kencang. Ini diperburuk dengan tidak adanya waktu untuk memperbaiki kencangnya otot tersebut.

"Cobalah bangkit dari kursi dan berjalan-jalan setiap setengah jam dan regangkan otot dada Anda ketika duduk dengan cara menempatkan tangan di belakang kepada dan dorong ke atas," ujar Brown.

Brown memaparkan, posisi duduk yang buruk menyebabkan nyeri dan sakit. Rasa nyeri tersebut dapat diterjemahkan sebagai indikasi ada yang salah dalam tubuh Anda. Seiring berjalan waktu, kondisi ini menjadi kronis. Di samping itu, posisi duduk yang salah akan meningkatkan risiko cedera bahkan ketika melakukan aktvitas harian yang sederhana.

Permasalahan lainnya yang dapat memicu postur tubuh yang bermasalah adalah posisi meja kerja Anda. Jika meja terlalu tinggi, maka Anda akan mengangkat bahu Anda untuk menjangkau keyboard komputer. Selain itu, layar monitor komputer pun tidak akan terpusat pada level penglihatan Anda. Sehingga, Anda harus menunduk atau mendekatkan kepala ke monitor.

"Penting untuk memilih kursi yang menopang Anda dengan baik. Ketika Anda duduk, goyangkan bokong ke bagian belakang kursi dan posisikan tubuh dengan lembut hingga abdomen menyentuh meja. Monitor komputer Anda harus sejajar dengan level penglihatan dan tepat berada di depan Anda. Pastikan telepon berada di dekat jangkauan sehingga Anda tidak perlu memutar tubuh untuk mengangkat telepon," papar Brown.

Sumber : graziadaily.co.uk

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
Tags:
nyeri otot
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas