Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Wanita Tanpa Rahim Berpeluang Punya Anak Lewat Cara Ini

Transplantasi uterus atau rahim telah terbukti berhasil membuat seorang wanita melahirkan seorang anak pada 2014.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Wanita Tanpa Rahim Berpeluang Punya Anak Lewat Cara Ini
Tribun Network
Ilustrasi ibu hamil 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Transplantasi uterus atau rahim telah terbukti berhasil membuat seorang wanita melahirkan seorang anak pada 2014.

Baru-baru ini seperti yang diberitakan Healthline, seorang wanita melahirkan dari proses transplantasi rahim. Tapi kali ini rahim tersebut berasal dari orang yang telah meninggal.

Wanita tersebut berusia 32 tahun asal Brasil yang sejak lahir tidak memiliki rahim karena faktor genetik atau bawaan. Ia kemudian menerima donor rahim dari wanita berusia 45 tahun yang meninggal akibat stroke.

Setelah tujuh bulan menerima rahim, wanita itu hamil melalui fertilisasi in vitro.

Baca: Kebanyakan Makan Pepaya, Ini Efek Buruk Bagi Ibu Hamil

Wanita itu akhirnya melahirkan melalui operasi caesar pada usia kandungan 35 minggu dan tiga hari untuk bayi dan sang buah hati lahir dengan dengan berat sekitar 6 kilogram.

“Ada banyak kelahiran sekarang dari transplantasi rahim, tetapi ini adalah kelahiran pertama dari donor yang sudah meninggal,” kata Dr. Rebecca Flyckt, FACOG, ahli kandungan dan ginekolog yang bertugas di Klinik Cleveland, mengatakan kepada Healthline.

Baca: Luis Mila Tolak Pinangan Persib Bandung, Pilih Klub di Spanyol Demi Dekat Keluarga

BERITA TERKAIT

Dengan keberhasilan tersebut, wanita yang tidak memiliki rahim diharapkan memiliki harapan untuk memiliki anak yang lebih tinggi.

Baca: Kecerdasan Anak Dipengaruhi oleh Konsumsi Omega 3 Selama Kehamilan

"Ketika kita berpikir ke depan untuk apa masa depan yang ingin kita dapat, prospek untuk menjadi ibu kehamilan tampaknya menjadi prioritas bagi banyak wanita," kata Flyckt kepada Healthline.

Bagi para wanita yang memiliki AUFI, transplantasi uterus mungkin bukan menyelamatkan hidup, tetapi mereka berpotensi meningkatkan semangat hidup wanita tersebut.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas