Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ingat Ya Saat Maag Kambuh, Sembuhkan Dulu Jangan Langsung Dipaksa Olahraga, Ini Petunjuk Dokter

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Annisa Maloveny, Sp.PD menyarankan saat sakit lambung kambuh sebaiknya disembuhkan dulu baru melakukan aktivitas

Ingat Ya Saat Maag Kambuh, Sembuhkan Dulu Jangan Langsung Dipaksa Olahraga, Ini Petunjuk Dokter
NET
Sakit maag 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Penyakit lambung seperti maag atau gerd merupakan penyakit yang paling mudah kambuh karena berkaitan dengan pola makan.

Saat maag kambuh maka akan menimbulkan gejala seperti nyeri pada lambung, rasa panas di bagian kerongkongan, hingga rasa sesak.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Annisa Maloveny, Sp.PD menyarankan saat sakit lambung kambuh sebaiknya disembuhkan dulu baru melakukan aktivitas lain seperti olahraga.

"Saat gerd kambuh kita obati dulu karena gejalanya itu menyiksa cukup dramatis pas udah tenang bisa berolahraga," kata dr. Annisa saat live saat webinar bersama RS Eka Hospital dan Sahabat KECC, Senin (22/6/2020).

Kemudian saat sudah pulih dr. Annisa menyarankan untuk memperhatikan waktu berolahraga agar tidak membuat maag kambuh kembali.

Dr. Annisa menyebutkan jangan olahraga setelah makan, biarkan tubuh mencerna makanan dulu, setelah dua sampai tiga jam makan barulah boleh berolahraga.

Baca: Makan Teratur Saat di Rumah Saja, Mengapa Sering Sakit Lambung? Ini Penjelasan Dokter

Baca: Sudah Ada, Obat Maag Disebut-sebut Jadi Tanda Virus Corona Berakhir, Sudah Teruji?

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

"Ingat minimal dua sampai tiga jam sebelum makan, tidak boleg satu jam sebelum olahraga takutnya kram perut. Jalan cepat, sepeda statis, treadmill," ungkap dr. Annisa.

Jika sering mengalami kekambuhan maag dr. Annisa Maloveny, Sp.PD menyarankan untuk segera periksa ke dokter untuk mengantisipasi efek jangka panjang.

Beberapa contoh efek jangka panjang dari maag adalah inflamasi atau peradangan kronik di bagian kerongkongan hingga memicu kanker esofagus atau kerongkongan maupun kanker di bagian pencernaan.

"Kalau gak diobati ada sakit pada esofagus, jika mengalami gejala sering nyeri uluh hati, nyeri dada, nyeri saat menelan, asma yang tidam sembuh ataupun muntah darah jangan tunda segera periksakan diri ke dokter," kata dr. Annisa.

Sambil menuju ke dokter bisa dilakukan pertolongan pertama dengan membenarkan posisi tubuh jadi lebih tegak.

Kemudian saat maag kambuh penting sekali untuk minum air putih untuk membasahi lambung sehingga menetralkan kembali asam lambung.

"Karena dibutuhkan salifa (air ludah) yang basah untuk menetralkan asam lambung bisa dengan minum air putih untuk mendilusi asam lambung untuk pertolongan pertama," ungkap dr. Annisa.

Jika ada obat-obatan untuk lambung yang mengandung magnesium bisa dikonsumsi dulu untuk meredakan rasa nyeri sambil menunggu pengobatan dari dokter.

"Kalau ada obat PPI bisa diminum atau yang berupa magnesium hidroksida itu untuk menetralisir asam sederhana saja," ucap dr. Annisa.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas