Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Bolehkah Pakai Masker Saat Bersepeda? Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Beri Trik Begini

Belakangan, kabarnya jika penggunaan masker saat bersepeda bebahaya. Benarkah? Ini trik dari Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Raspati.

Bolehkah Pakai Masker Saat Bersepeda? Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Beri Trik Begini
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Komunitas sepeda melakukan kampanye dan edukasi keselamatan bersepeda dan tertib berlalulintas di Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Minggu (5/7/2020). Kegiatan yang diselenggarakan Ecotransport.id bekerjasama dengan dengan petugas Area Traffic Control System (ATCS) Dinas Perhubungan Kota Bandung itu, karena eforia bersepeda yang meningkat pesat saat ini di tengah pandemi Covid-19, jadi harus terus diingatkan untuk tetap menjaga ketertiban, tidak menerobos lampu lalulintas, berbagi jalan dengan pengendara lain, tetap di lajur kiri, dan menjaga jarak aman dengan pesepeda lain, serta menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular virus corona. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) *** Local Caption *** Komunitas sepeda melakukan kampanye dan edukasi keselamatan bersepeda dan tertib berlalulintas di Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Minggu (5/7/2020). Kegiatan yang diselenggarakan Ecotransport.id bekerjasama dengan dengan petugas Area Traffic Control System (ATCS) Dinas Perhubungan Kota Bandung itu, karena eforia bersepeda yang meningkat pesat saat ini di tengah pandemi Covid-19, jadi harus terus diingatkan untuk tetap menjaga ketertiban, tidak menerobos lampu lalulintas, berbagi jalan dengan pengendara lain, tetap di lajur kiri, dan menjaga jarak aman dengan pesepeda lain, serta menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular virus corona. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yulis S

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Saat pandemi covid-19, marak masyarakat menggunakan sepeda. Namun belakangan, banyak tersiar kabar jika penggunaan masker saat bersepeda bebahaya. Benarkah?

Seperti diketahui, bersepeda tak hanya bertujuan sebagai sarana berolahraga untuk kesehatan jasmani tetapi juga moda transportasi.

Di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), banyak orang mulai menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi menuju kantor atau tempat mereka beraktivitas.

Melihat fenomena tersebut, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Raspati memberikan tips aman bersepeda di masa penerapan AKB ini.

Menurut Andika, protokol kesehatan tetap diterapkan, termasuk memakai masker.

"Di era AKB tetap harus berlakukan jaga jarak, pakai masker dimana saja untuk menghindari droplet," jelas Andika saat dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Minggu (5/7/2020).

Nah, bagaimana agar memakai masker tetap aman saat bersepeda? Mengingat banyak tersebar kabar jika tak jarang orang bersepeda sesak nafas karena memakai masker.

"Perlu diatur intensitas kecepatan gowesnya untuk mengatur nafas agar tidak sesak nafas saat menggunakan masker, " jelas Andika lagi.

Baca: Kapolres Bangkalan Usir Pengunjung Kafe yang Tak Pakai Masker: Baru Saja Dikasih Kok Enggak Dipakai

Baca: Update Harga Sepeda Lipat Element dari Termurah hingga Termahal, Ada yang Hanya 3 Jutaan Saja

Andhika Raspati
Andhika Raspati (Ignatius Toto Satrio)

Lalu. bagaimana jika masker diganti dengan face shield yang belakangan juga tren?

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Yulis
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas