Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Risiko Anak Tumbuh di Kualitas Udara yang Buruk

meski masih menjadi berdebatan, polusi udara yang terpapar pada anak dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening.

Risiko Anak Tumbuh di Kualitas Udara yang Buruk
Pexels.com/Pixabay
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kualitas udara yang buruk membuat tumbuh kembang anak terganggu.

Polusi udara terutama dari asap kendaraan bermotor berpotensi menyebabkan risiko kanker dan penyakit pernafasan pada anak.

Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Yogyakarta Dr.dr. Sri Mulatsih., Sp.AK., MPH mengatakan, meski masih menjadi berdebatan, polusi udara yang terpapar pada anak dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening.

Baca juga: Epidemiolog: BBM Oktan Rendah Ganggu Kesehatan Manusia

"Sampai saat ini masih kontroversi. Ada penelitian di Denmark, yang menyimpulkan seperti itu (paparan polusi udara jangka panjang bisa meningkatkan risiko kejadian kanker kelenjar getah bening)" ujarnya kepada Tribunnews.com.

Sri menjelaskan, dari banyak penelitian telah dibuktikan bahwa faktor utama perkembangan kanker ganas adalah faktor lingkungan yang diakibatkan oleh perilaku manusia.

Baca juga: Wujudkan Kualitas Udara Sehat dan Bersih, Kota Jambi Siap Laksanakan Program Langit Biru

Menurut penelitian WHO, 35% kematian yang disebabkan oleh kanker di seluruh dunia disebabkan oleh faktor risiko yang berpotensi dapat diubah akibat gaya hidup.

Didalamnya termasuk merokok dan konsumsi alkohol.

Lalu untuk negara-negara dengan pendapatan rendah, sedang dan tinggi, infeksi, parasit, paparan sinar ultraviolet dan menggunakan perangkat yang memancarkan radiasi ultraviolet, lingkungan merokok tembakau, faktor makanan, terapi penggantian hormon, serta paparan radiasi pengion, juga dapat memicu kanker.

Oleh karena itu ujar Sri, pola hidup sehat sangat dianjurkan mulai masa kehamilan sampai saat ibu dan keluarga mengasuh anak.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas