Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Upaya Komunitas Plasmahero Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Plasma konvalesen dari penyintas virus corona (Covid-19) kini menjadi 'hal yang sangat berharga'. Itu digunakan pasien covid-19 sebagai terapi.

Upaya Komunitas Plasmahero Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Pendonor menjalani donor plasma konvalesen di Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/2/2021). Kebutuhan plasma konvalesen meningkat hingga 200 kantong per hari, oleh karenanya diharapkan penyintas Covid-19 bersedia mendonorkan plasmanya untuk membantu penanganan pasien Covid-19 yang masih dirawat. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plasma konvalesen dari penyintas virus corona (Covid-19) kini menjadi 'hal yang sangat berharga'.

Sebab, itu dapat digunakan dalam terapi plasma konvalesen bagi pasien Covid-19.

Namun, saat ini masih banyak penyintas yang enggan mendonorkan plasmanya karena mempertimbangkan beberapa hal.

Padahal tidak semua penyintas memenuhi syarat untuk dapat mendonorkan plasmanya.

Pendiri Komunitas Plasmahero (Plasmahero.ID) Indonesia, dr. Ariani pun menyebutkan tantangan yang dihadapi komunitasnya saat berupaya mengumpulkan plasma dari para penyintas Covid-19 ini.

Komunitas ini merasa kesulitan dalam mengajak penyintas untuk menyumbangkan plasma darahnya.

"Kegiatan Plasmahero.id ini tantangan terbesarnya itu mengajak penyintas untuk mau berdonor, itu sebuah tantangan yang sangat besar," ujar dr Ariani, dalam webinar bertajuk 'Yuk, Donor Plasma!' yang digelar Sinar Mas, PMI dan Plasmahero.ID, Kamis (15/5/2021).

Baca juga: Tidak Semua Penyintas Covid-19 Bisa Donorkan Plasma Konvalesen, Ini Syarat Utamanya

Kendati demikian, ia dan komunitasnya terus berupaya, satu diantaranya melalui edukasi yang diberikan dalam webinar 'Yuk, Donor Plasma!'.

Petugas menunjukkan plasma konvalensen dari pendonor di Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/2/2021). Kebutuhan plasma konvalesen meningkat hingga 200 kantong per hari, oleh karenanya diharapkan penyintas Covid-19 bersedia mendonorkan plasmanya untuk membantu penanganan pasien Covid-19 yang masih dirawat. Surya/Ahmad Zaimul Haq
Petugas menunjukkan plasma konvalensen dari pendonor di Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/2/2021). Kebutuhan plasma konvalesen meningkat hingga 200 kantong per hari, oleh karenanya diharapkan penyintas Covid-19 bersedia mendonorkan plasmanya untuk membantu penanganan pasien Covid-19 yang masih dirawat. Surya/Ahmad Zaimul Haq (Surya/Ahmad Zaimul Haq)

"Jadi kita terus menerus mengusahakan berbagai cara, bagaimana penyintas itu mau berdonor," jelas dr Ariani.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas