Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Lupus Disebut ''Penyakit Seribu Wajah'', Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

Penyakit Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyerang beberapa organ di tubuh seperti kulit, ginjal, otak, sendi dan lainnya.

Lupus Disebut ''Penyakit Seribu Wajah'', Ketahui Penyebab dan Pencegahannya
Grid.ID
Penyakit lupus 

TRIBUNNEWS.COM -  Penyakit Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyerang beberapa organ di tubuh seperti kulit, ginjal, otak, sendi dan lainnya.

Oleh karenanya, penyakit Lupus dapat bermanifestasi dalam berbagai gejala seperti ruam pada kulit, nyeri sendi, gangguan ginjal, atau gejala lain.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Siloam Hospitals Makassar, Dr. dr. Femi Syahriani, Sp. PD-KR., menuturkan penyakit Lupus, atau juga dikenal dengan istilah penyakit seribu wajah (serigala).

Sebab, menurut dia, penampilan wajah, gejalanya dan tanda tandanya sangat beragam dan banyak menyerupai penyakit lainnya.

"Karena penyakit lupus merupakan penyakit Autoimun, yaitu kondisi dimana sistem imun di dalam tubuh tidak dapat membedakan diantara kuman dan benda asing dari luar tubuh dengan sel-sel atau jaringan tubuh sendiri, sehingga sistem imun menyerang sel-sel dan jaringan tubuh sendiri," tutur Dr. dr. Femi Syahriani,Sp. PD-KR., dalam Webinar edukasi zoom, Sabtu, 22 Mei 2021 di kota Makassar.

Baca juga: Didiagnosis Autoimun, Cita Citata Ungkap Kebiasaan Buruknya yang Sebabkan Itu

Ditambahkan Dr. dr. Femi Syahriani,Sp. PD-KR., yang sudah bergabung di Siloam Hospitals Makassar sejak Juni 2017, penyakit Lupus lebih banyak dijumpai pada wanita.

Terutama wanita usia reproduktif dibandingkan dengan laki-laki dan umur terbanyak adalah antara usia 15-45 tahun.

"Namun demikian, pada anak-anak dan usia lanjut juga dapat ditemukan beberapa kasus", imbuhnya.

Faktor Penyebab dan Pencetus Lupus

Menurut dokter Femi, Lupus atau SLE adalah penyakit yang kompleks dan sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab seseorang menderita Lupus.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas