Tribun Kesehatan

Olahraga Rutin Tingkatkan Imun Tubuh, Simak Tips Dokter Kontingen RI di Olimpiade Tokyo 2020

Olahraga renang dan sepeda statis terukur cocok untuk penderita diabetes dengan didukung asupan nutrisi yang tepat dan latihan rutin 30-60 menit/hari

Editor: Choirul Arifin
Olahraga Rutin Tingkatkan Imun Tubuh, Simak Tips Dokter Kontingen RI di Olimpiade Tokyo 2020
Tribun Jabar/GANI KURNIAWAN
Warga berolahraga di lintasan lari Lapang Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/9/2021).(TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Olahraga dikombinasikan dengan diet sehat dan cukup tidur serta mengelola rasa stres jika dilakukan berkesinambungan akan menjadi gaya hidup sehat.

Organ-organ tubuh akan beerja maksimal, dan energi pun terpakai melalui gerakan badan yang dilakukan lewat olahraga rutin.

"Fungsi berolahraga adalah untuk meningkatkan kemampuan pompa jantung, memaksimalkan fungsi paru, mendorong sirkulasi darah terbaik, dan yang juga penting membantu pembentukan Imunitas tubuh terhadap penyakit" tutur Dr. dr. Carmen Yahya, Sportmed saat tampil di acara bincang sehat bertajuk Sport as a Lifestyle di platform IGlive @ mrcccsiloamsemanggi, Rabu (29/09/2021)

Dokter Carmen merupakan chief medical officer untuk kontingen atlet Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 menyarankan, untuk 'pemula' yang ingin menjalani olahraga rutin perlu memahami terlebih dulu fungsi dan kegunaan olahraga.

'Pemula' juga perlu mengetahui kondisi fisiknya dan menentukan target manfaat dari olahraga yang akan dijalani dengan memperhatikan batasan serta berkonsultasi dengan ahli.

Baca juga: Material Sepatu yang Cocok Buat Pecinta Olahraga Ekstrem

"Satu hal lain yang perlu dipahami bahwa cedera dalam berolahraga sering menjadi bagian gerak tubuh yang perlu dipahami dan ditangani tepat oleh para Ahli," imbun dokter yang sudah enam kali menjadi tim medis atlet Indonesia di ajang olimpiade ini.

Pilih Olahraga yang Tepat

Dr Carmen menegaskan, untuk yang sedang sakit atau kondisi tubuh sedang tidak fit, tidak direkomendasikan untuk menjalani olahraga.

"Olahraga yang tebaik adalah yang mendatangkan kebaikan dan kesehatan, untuk yang sedang sakit atau tidak fit sebaiknya menunggu kondisi tubuh kembali membaik," ujarnya.

Baca juga: Rutin Olahraga, Mikha Tambayong: PPKM Bukan Hambatan

"Bila sangat ingin berolahraga, solusinya dengan gerak badan yang ringan dan terukur. Ingat bukan yang berat," tutur dokter yang sehari-hari mengabdi di Sport Medical Center MRCCC Siloam Semanggi ini.

Warga berolahraga di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (21/8/2021). Mulai tanggal 18 Agustus, Ancol kembali dibuka, namun hanya untuk warga yang ingin berolahraga dan bersantai dengan syarat menunjukkan bukti sertifikat vaksinasi Covid-19. Tribunnews/Herudin
Warga berolahraga di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (21/8/2021).  (Tribunnews/Herudin)
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas